Ambarawati, M., Pujinugroho, M. A., Burat, T., NM, A. R., Munika, M., Bondi, A., & Sawe, M. (2021). Analisis Kesulitas Siswa dalam Mempelajari Diagram Lingkaran. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 4(1), 1-7.
Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011-1024.
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Pada Materi Statistika Dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 215-224.
Hartanti, P. S. (2019). Kemampuan pemecahan masalah maematis melalui model pembelajaran search, solve, create and share (sscs) menggunakan media LKPD pada materi penyajian data untuk siswa kelas vii smp negeri 3 kepanjen. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 4(2), 62 – 68.
Jayanti, R. A., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 259-272.
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan, dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3).
La Nani, K., & Alhaddad, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan ICT dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Statistis Siswa SMP Negeri 2 Kota Ternate pada Materi Statistika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Maftuh, M. S. (2018). Profil siswa sma dalam memecahkan masalah statistika berdasarkan tingkat kemampuan matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 71-86.
Maghfiroh, L., & Fuady, A. (2020). Analisis kesulitan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi penyajian data kelas VII SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(33).
Munawarah, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 168 – 186.
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204-213.
Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235-248.
Nurhabibah, A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal – Soal Matematika di Kelas VIII Mts. Islamiyah YPI Batang Kuis Tahun Pelajaran 2017 – 2018 (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724.
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.
Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of learning tools with the discovery learning model to improve the critical thinking ability of mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83-92.
Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-32.
Sarumaha, K. S., Sarumaha, R., & Gee, E. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMPN 3 MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1 – 14.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59-67.
Wari, C. P., Monica, D. S., & Ramadani, W. F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP 01 Bengkulu Tengah Kelas VII Melalui Diagnotik pada Penyajian Data. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 123-129.
Winata, I. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jenang 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Insan Cendekia, 1(2), 31-45.
Yetti, I., & Afriyani, D. (2021). Validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik di kelas VIII SMP. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 2(1), 33-38.
Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47-60.
Sugiyono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Syafa’ah, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Materi Pokok Konsep Pembagian dengan Pendekatan Inquiry Siswa Kelas III SDN Jatimulyo II Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.