Budiyanto, K., & Agus, M. (2016).SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press. Diunduh dari: https://ummpress.umm.ac.id/katalog/detail/sintaks45modelpembelajarandalamstudentcenteredlearningscl.html
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.Infinity Journal, 2(1), 85–99.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021).Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.
Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020).Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita.Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1), 36–43.
Nasrulloh, M. F., & Nurlia, Z. (2021). The Effect of the Implementation of Problem-Based Learning Models on the Mathematical Literacy Ability of Grade 7^th Student’s. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 10(2), 117–126. https://doi.org/10.24235/eduma.v10i2.8564
Nasrulloh, M. F., Satiti, W. S., & A’in -, H. (2019). Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Madrasah Aliyah Kelas X. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 2(1), 7–14.
National Council of Teachers of Mathematics (Ed.).(2000). Principles and Standards for School Mathematics.National Council of Teachers of Mathematics.
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020).Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa.Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40.
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020).Analisis Kesulitan Siswa SMP KELAS VIII Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar.MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/436
OECD.(2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Purwanto, P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah.
Puspitarini, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII [Other, UNNES]. http://lib.unnes.ac.id/39893/
Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia group.
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa.JIPMat, 3(2).
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY, 8.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240.
Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 471–476.