Abstract

Identifikasi tanaman adalah suatu hal yang jarang dilakukan di sekolah menengah pertama. Hal ini disebabkan karena tidak mudah mengidentifikasi tanaman tanpa penilaian yang tepat sehingga membutuhkan waktu relatif lama. Oleh sebab itu, diperlukan suatu penilaian yang dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi tanaman yaitu penilaian portofolio. Portofolio diharapkan dapat melihat perkembangan hasil belajar siswa melalui karya siswa dalam  kurun waktu yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan  hasil  belajar  siswa setelah  melakukan  penilaian  portofolio pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup (tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil), 2) mendeskripsikan respon siswa terhadap hasil penilaian portofolio, dan 3) menganalisis perkembangan portofolio melalui penilaian diri yang diperoleh dari penilaian siswa dan guru Jenis Penelitian ini pra eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian one shot case study. Subyek penelitian siswa kelas VII B dengan jumlah 14 siswa. Data berasal dari tugas portofolio berupa lembar deskripsi tumbuhan dan data respon siswa berupa angket. Hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan penilaian portofolio dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar siswa setelah melakukan penilaian portofolio meningkat dari 83 ke 94 (tugas 1) dan 82 ke 93 (tugas 2), 2) respon siswa terhadap hasil penilaian portofolio sebagian besar bersifat positif yaitu siswa setuju dengan penilaian portofolio, dan 3) perkembangan portofolio penilaian diri siswa sama dengan penilaian guru


 


Kata Kunci: Penilaian Portofolio, Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup