Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Luhur Malang

Authors

  • MOCHAMMAD SYAFIUDDIN SHOBIRIN UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASBULLAH
  • MOCHAMMAD FARIDL DARMAWAN UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASBULLAH
  • MOCHAMMAD FARIDL DARMAWAN UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASBULLAH

Keywords:

Pengembangan, Pembelajaran, Kitab Kuning, Pesantren.

Abstract

Penggemblengan diri dilakukan di pesantren mencangkup banyak, diantaranya melalui pengkajian kitab kuning. Pembelajaran yang terjadi di pesantren, tidak lepas dari unsur-unsur yang berhubungan dengan metode pembelajaran, sebagaimana lazimnya pesantren, pola metode pembelajaran yang digunakan, bisanya masih berpusat pada guru (teacher center), padahal pada saat ini pola pembelajaran tersebut sudah diubah menjadi berpusat kepada siswa (student center).

Peneliti mengadakan penelitian dengan judul Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Luhur Malang. Hal ini juga didasarkan kepada kyai, ustadz dan santri yang berada di Pesantren Luhur Malang. Penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi.

Setelah penelitian, ditemukan bahwa di pesantren Luhur dilakukan pengembangan pembelajaran kitab kuning dari beberapa aspek : pengembangan rencana pembelajaran. Pesantren Luhur menghadapi kendala-kendala sebagai berikut: waktu, sarana dan prasarana, niat santri dan tingkat pemahaman santri. Upaya untuk mengatasinya, yaitu dengan cara: 1. Melakukan penambahan jam pembelajaran kitab kuning 2. Menggunakan masjid dan aula utama pesantren Luhur. 3. Pengurus mengadakan tes kepada calon santri yang akan tinggal di pesantren Luhur. 4. Perbedaan tingkat pemahaman yang dimiliki oleh santri diatasi dengan cara: memberikan acuan materi, pengulangan, memberi kesempatan bertanya, berdiskusi dengan teman, memberi kesempatan para santri mengulas materi yang telah disampaikan.

References

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya. 1989. Bandung: PT Al-Ma’arif.
Amir, M. 1995. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aslanik. 2002. Reformasi Sistem Pengajaran di Pondok Pesantren (Studi Kasus Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi). Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Departemen Agama RI. 2001. Pola Pembelajaran Di Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.
Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Direktorat jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen pendidikan dan Kebudayaan dan PT Rineka Cipta.
El-Fadl, Khaled Abou. 2002. Musyawarah Buku Menyusuri Keindahan Islam dari Kitab ke Kitab. terj. Abdullah Ali. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Hadi, Sutrisno. 1983 Metodologi research I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM .
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto. 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.
Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor IV/MPR/1999 Tentang: GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara) Tahun 1999-2004 Beserta Perubahan Pertama Undang-Undang Daasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 Beserta Susunan Kabinet Persatuan nasional Masa Bakti 1999-2004. Surabaya: Arkola.
Komaruddin dan Yooke Tjuparmah S. Komaruddin, Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000), hlm. 193.
Mulia, Musdah. Tanpa Tahun. Kitab Kuning. Ensiklopedi Islam IV.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Myers, Bugene A. 2003. Zaman Keemasan Islam, Para Ilmuwan Muslim dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Barat. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
Prasetyo, Eko. 2004. Orang Miskin Dilarang Sekolah. Yogyakarta: Resist Book.
Risnawati, Ria. 2005. Pembaharuan Sistem Pondok Pesantren (Upaya Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Globalisasi). Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Sastrawijaya, A Tresna. 1991. Pengembangan Program Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Siberman, Mel. 1996. Active Learning 101 Strategies to Teach Any Subject terj. H. Sardjuli dkk. Yogyakarta: Yappendis.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tafsir, Ahmad. 1992. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Bandung: Rosda Karya.
Udin Saripuddin Winataputra dan Rustana Ardiwinata. 1991. Materi Pokok Perencanaan pengajaran Modul 1-6. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam dan Universitas Terbuka
W. James Popham & Eva L. Baker. Tanpa Tahun. Tekhik Mengajar Secara Sistematis. terj. Amirul Hadi dkk. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Yamin, Martinis. 2004. Strategi Pembalajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zuhairini dkk. 1991. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

09-02-2019

How to Cite

SHOBIRIN, M. S., DARMAWAN, M. F., & DARMAWAN, M. F. (2019). Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Luhur Malang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 2(1), 15–24. Retrieved from https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/54