MEDIA INTERAKTIF e-MODUL BIOLOGI MATERI VIRUS SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI MAN 3 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/joems.v4i3.460Keywords:
E-Modul, Virus, Media Interaktif, Pembelajaran Daring, Flip PDF ProfessionalAbstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada pembelajaran di sekolah. Hal serupa juga terjadi di MAN 3 Jombang, pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran online. Berdasarkan analisis kebutuhan pembelajaran online membuat siswa kurang memahami materi yang disajikan karena guru hanya memberikan materi melalui ppt dan media yang digunakan hanya buku pegangan siswa dan LKS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa materi e-module virus untuk mendukung pembelajaran online di MAN 3 Jombang dengan cara observasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana merancang dan kelayakan media pembelajaran e-modul untuk materi pembelajaran biologi tentang virus. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa materi virus e-module yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan revisi dengan rata-rata persentase yang diberikan oleh validator sebesar 93,76%. Secara keseluruhan mahasiswa merespon sangat baik dengan persentase rata-rata 78,5% terhadap materi e-modul virus yang dikembangkan untuk mendukung pembelajaran online.
References
Ferdianto, F., & Nurulfatwa, D. (2019). 3D Page Flip Professional: Enhance of Representation Mathematical Ability on Linear Equation in One Variable. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012043.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Project Based Learning E-Module to Teach Straight-Motion Material for Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 223-234.
Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 214–224.
Santosa, T. A., Lufri, L., & Zulyusri, Z. (2020). Problematika Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Learning Environment (VLE) Terhadap Siswa dan Guru SMA/MA Pada Materi Biologi Di Masa COVID-19. Journal on Education, 3(01), 93-103.
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-module) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48-56.
Solihudin, T., 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, September, 3(2), pp. 51-61.
Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pgsd Era Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(1).
Wulandari, K. (2020). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Karakter Dengan Pendekatan Saintifik. Exact Papers in Compilation (EPiC), 2(03), 299-306.
Kompasiana. 2020. Pembelajaran daring efektif? .https://www.kompasiana.com/arditasyalwa/5e7ba8d6097f36116506b8a2/ pembelajaran-daringefektif. diakses pada 8 April 2021.