Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • didin sirojudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Keywords:

Manajemen Kelas, Efektivitas Proses Belajar Mengajar PAI

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Tujuan untuk mengetahui prosedur Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar PAI di SMP Negeri I Srengat-Blitar, untuk mengetahui apakah dengan Manajemen Kelas dapat meningkatkan efektifitas belajar mengajar serta untuk menemukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi PAI di SMP Negeri I Srengat-Blitar,

Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research), tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

hasil penelitian ,1. Prosedur Manajemen Kelas dalam Proses Balajar Mengajar PAI di SMP Negeri I Srengat-Blitar adalah: (a) peningkatan kesadaran pendidik (b) peningkatan kesadaran siswa (c) pengenalan terhadap tingkah laku siswa (d) pembuatan kontrak sosial atau tata tertib kelas (e) menetapkan alternatif pemecahan melalui berbagai macam pendekatan dalam Manajemen Kelas,). 2. Cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik ,menggunakan metode yang bervariasi.. 3. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya: (a) factor eksternal, (b) faktor internal

 

References

Arikunto, Suharsimi. 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Press.
______ 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Mohammad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
______ 1991. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Ahmadi, Abu & Tri Prasetyo, Joko. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmadi, Abu & Supriyono, Widodo. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahreisj, Salim. 1987. Riadhlus Salim. Bandung: PT. Al-Ma’arif.
Daud, Ma’mur. 1993. Terjemahan Hadits Shahih Muslim. Jakarta: Widjaya.
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiyah dkk. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. 1996. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya. Semarang: CV. Toha Putra.
Gagne, Robert M. 1988. Prinsip-prinsip Belajar untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.
Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Imron, Ali dkk. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kartono, Kartini. 1990. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju.
Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif.
Madjid, Abdul & Andayani, Dian. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
_______ 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
N. Sudirman dkk. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, Muljani A. 1983. Administrasi Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Nawawi, Hadari. 1982. Organisasi Sekolah¬ dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Nurkancana, Wayan & Sumartana, P.P.N. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Narbuko, Cholild & Achmadi, Abu. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution S. 1991. Metode Research Penelitian Ilmiah. Bandung: Jemmars.
N.K.Roestiyah. 1986. Didaktik Metodik. Jakarta: Bina Aksara.
_______ 1989. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.
Partanto, Pius A dkk. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Rohani, Ahmad & Ahmadi, Abu. 1991. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunaryo. 1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: IKIP Malang.
Setyosari, Punaji. 2001. Rancangan Pembelajaran Teori dan Praktek. Malang: Elang Mas.

Downloads

Published

11-02-2019

How to Cite

sirojudin, didin. (2019). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 1(2), 21–34. Retrieved from https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/40