Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq untuk Siswa MA Al Bairuny Sambongdukuh

Authors

  • Lutfi Firdaus Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Rohmat Hidayat Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v7i4.1237

Keywords:

Akidah Akhlak, Komik, Madrasah Aliyah, Media Pembelajaran

Abstract

Media pembelajaran berbasis komik menggunakan aplikasi canva  pada mata pelajaran akidah akhlak yang berguna untuk mengetahui kelayakan prakitalitas dan efektifitas media media pembelajaran berbasis komik akidah akhlak menggunakan aplikasi canva pada materi menjadi hamba yang berakhlak di kelas X Ma Al Bairuny Sambongdukuh Jombang. Media pembelajaran yang dibuat dilakukan penilaian oleh beberapa ahli yaitu: ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru pengampu dan siswa. Hal ini di buktikan dengan hasil analisis data yang diperoleh dari sejumlah responden. Untuk validitas media didapatkan memperoleh presentase 96,7% dengan kriteria valid, Ahli materi didapatkan memperoleh  presentase 95,5% dengan kriteria valid, Ahli bahasa didapatkan memperoleh presentase 97,4% dengan kriteria valid, Praktikalitas media yang di dapatkan dari tanggapan guru memperoleh presentase 97% dengan kriteria valid dan siswa memperoleh presentase 96% dengan kriteria valid, Praktikalitas media yang didapatkan dari peningkatan hasil belajar siswa memperoleh presentase keefektifan sebesar 0,3% dengan kriteria sedang. Jadi dari hasil data yang diperoleh, produk ini memenuhi kriteria valid menurut para ahli praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan didapatkan bahwa media pembelajaran komik menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran akidah akhlak materi menjadi hamba yang berakhlak layak digunakan dalam pembelajaran

References

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematik. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186.
Azhar, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Borman, R. I., Priandika, A. T., & Edison, A. R. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 8(3), 272. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40273
Hamalik, O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74

Downloads

Published

07-08-2024

How to Cite

Firdaus, L., & Hidayat, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq untuk Siswa MA Al Bairuny Sambongdukuh. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(4), 156–163. https://doi.org/10.32764/joems.v7i4.1237

Issue

Section

Articles