Pembelajaran Higher Order Thinking Skills Pelajaran Akidah Akhlak di MtsN Kota Batu

Authors

  • Emi Lilawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Alfi Khoirun Ni´mah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v7i4.1216

Keywords:

Akidah Akhlak, Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran

Abstract

Berpikir kritis dikembangkan melalui pembelajaran berbasis HOTS. Berpikir kritis memerlukan pelatihan dalam pengenalan pola, penjelasan, hipotesis, generalisasi, dan bukti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dilaksanakan, pendekatan dan evaluasi apa yang digunakan, bagaimana siswa memahami pembelajaran, dan apa saja kendala yang timbul berdasarkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada kurikulum mandiri tentang keyakinan moral untuk siswa kelas 8 A di MTs Negeri Kota Batu. Penelitian Tiff bersifat deskriptif kualitatif. Kendala penelitian meliputi 30 siswa kelas 8 A di MTs Negeri Kota Batu. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menemukan bahwa (1) pembelajaran ini berhasil. (2) Pembelajaran ini menggunakan pendekatan yang bervariasi dan dievaluasi dengan ulangan harian, mengulang konten, dan ulangan akhir semester. (3) Siswa memahami pelajaran ini dengan baik, namun beberapa masih kesulitan menerimanya. (4) Siswa yang belum siap belajar dan guru yang belum memahami pembelajaran berbasis HOTS pada kurikulum mandiri tentang pandangan moral menjadi kendala dalam pembelajaran ini.

References

Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, & Mukh Nursikin. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972
Akidah, P., Kelas, A., Di, I. V, & Mi, S. D. (2021). Fakultas tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri raden intan lampung 1442 h / 2021 m. 2021.
Dr. Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 549).
Hal, A., & Pasuruan, M. A. N. K. (2023). Penerapan Pembelajaran Fikih Berbasis Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Di. 6(4).
Hartoyo, A., Melati, R., & Martono, M. (2023). Dampak Perubahan Kurikulum Merdeka Dan Kesiapan Tenaga Pendidik Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 412–428. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2773
Luis, F., & Moncayo, G. (2017, February 2). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. 1–4.
Pratiwi, Z. I., & Maharani, D. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) ( STUDI ANALISIS PADA KELAS XI DI SMA DHARMA KARYA UT TANGERANG SELATAN ) A . PEDAHULUAN Pendidikan menjadi tolak ukur yang sangat dominan seiring dengan. Jurnal Qiro’ah, 10(2), 57–72.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah. In Visi Nusantara Maju (1st ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/9a7yr

Downloads

Published

31-07-2024

How to Cite

Lilawati, E., & Ni´mah, A. K. (2024). Pembelajaran Higher Order Thinking Skills Pelajaran Akidah Akhlak di MtsN Kota Batu. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(4), 146–150. https://doi.org/10.32764/joems.v7i4.1216

Issue

Section

Articles