DIKOTOMI DALAM SISTEM PENDIDIKAN
Keywords:
Dikotomi; PendidikanAbstract
Dikotomi adalah kasus yang tidak asing lagi bagi dunia pendidikan Islam. Selama berabad-abad, sejak menjelang runtuhnya Dinasti Abbasiyyah, pengutamaan ilmu-ilmu agama di atas ilmu-ilmu umum menghiasi institusi-institusi pendidikan Islam. Dikotomi ilmu pengetahuan juga merupakan wacana yang selalu di apungkan dalam dunia pendidikan Islam sampai dewasa ini. Islam menganggap ilmu pengetahuan sebagai sebuah konsep yang holistis. Dalam konsep ini tidak terdapat pemisahan antara pengetahuan dengan nilai-nilai. Selanjutnya apabila dikaji lebih lanjut bagaimana Islam memandang ilmu pengetahuan, maka akan ditemui bahwa Islam mengembalikan kepada fitrah manusia tentang mencari ilmu pengetahuan.
Sejarah telah mencatat masa kegemilangan diraih oleh oleh kerajaan Islam seperti Abbasiyah dan Islam di spanyol. Periode tersebut telah melahirkan banyak tokoh muslim seperti imam Malik, Imam Syafi’I, Abu Hanifah, Al-Kindi, Al-Farabi, dan Ibnu Sina dan sebagainya. Rentetan sejarah mengungkap bahwa ternyata para ilmuan tersebut tidak pernah memisahkan akan ilmu pengetahuan dengan agama. Ilmu pengetahuan dan agama mereka pahami sesuatu yang bersifat totalitas dan integral. Ilmu pengetahuan tidak dapat dipisahkan dari agama itu sendiri. Bahkan bias dikatakan ilmu pengetahuan tersebut bersumber dari agama.
References
Drs. H. Burhanuddin, M. Ed., dkk., Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Malang, 2003.
Dr. Redja Mudyahardjo, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, PT. Balai Pustaka, Jakarta, 1989.
Dr. Abdul Mujid M. Ag. Dan Dr. Jusuf Mudzakkir, M. Si., Ilmu Pendidikan Islam, Kencana Prenada Media Jakarta, 2006.
Dr. Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, PT. Remaja Rosdakarya Bandung, 2007.
Dr. Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.
Marno M. Ag. dan Tri Supriyanto M. Ag., Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, PT. Refika Aditama, Bandung, 2008.
Prof. Dr. Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, Erlangga, Jakarta, 2007.
Prof. Dr. Oemar Hamalik, Manajemen pengembangan kurikulum, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Prof. Dr. H. Muhaimin MA. Dkk, Manajemen Pendidikan Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasa, Jakarta, Kencana Prenada Media Group,2009.
Tim Prima Pena, Kamus Ilmiyah Populer, Surabaya, Gitamedia Press,2006.
http://www.yayasanmdf.org/home/index.php?option=com_content&view=article&id=374:pengantar-manajemen-sebuah-tinjauan-islam&catid=2:artikel&Itemid=6
John M. Echols dan Hassan Shadily, "dichotomy", Kamus Inggris-Indonesia (Jakarta : PT. Gramedia Utama, 1992), hlm. 180.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, "dikotomi", Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka, 1989), h. 205.
Abdullah,amin, “Problem Epistimologis Pendidikan Islam”dalam Munir Mulkhan Religiusitas IPTEK
Al – faruqi, Ismail Raji, Islamization Of Knowledge:General Principles And Workplan Hemdon: HIT,1982