Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.32764/joems.v7i3.1173Keywords:
Humanistic Learning Theory, PAI, PhisichologyAbstract
Dalam menerapkan pendidikan dan pembelajaran harus melihat apa yang dibutuhkan oleh objek didik, karena kebutuhan atau minat itu dapat memotivasi siswa, berdasarkan minat dan kebutuhannya pendidikan dibuat secara personal. Dalam suatu pembelajaran perlu didukung oleh adanya suatu teori-teori belajar, agar dalam proses pembelajaran bisa mencapai sesuatu yang diinginkan. Salah satu teori belajar yang sangat penting untuk dikaji yaitu humanistik yang menekankan perlunya sikap saling menghargai dan membantu individu mengatasi masalah-masalah kehidupannya. Perlu kiranya ada paradigma baru dalam proses pembelajaran, Sehingga mampu megubah mindset guru dan peserta didik, bahwa tujuan belajar itu tidak sekedar berorientasi pada kognitif akan tetapi lebih ditekankan pada nilai-nilai humanistik yang terkandung dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, artikel ini membahas tentang teori belajar Humanistik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif analisis, melalui studi kepustakaan (library research). Adapaun hasil dari penelitian ini, bahwa teori belajar humanistik dalam pembelajaran PAI digunakan sebagai cara untuk menyampaikan materi PAI. Penarapan teori belajar humanisme dalam materi PAI dapat dilakukan dengan memberikan alasan-alasan rasional terhadap ajaran Islam, memberikan kesempatan siswa untuk berpikir kritis, kreatif terhadap materi PAI yang disampaikan, menghubungkan materi PAI dengan dunia nyata siswa.
References
Arbayah. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2).
Chairul Umam, M. (2019). Implementasi Teori Be;ajar Humanistik Carl.R.Rogers Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadrib:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2).
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan. Literasi Nusantara Abadi.
Ismail, F. (2014). Valuasi Pendidikan. Tunas Gemilang Press.
Muchlis Solichin, M. (2018). Teori Belajar Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi Dan Metode Pembelajaran. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 5(1).
Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. 4(2).
Sardiman. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). TEORI BELAJAR HUMANISTIK DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108
Suranto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Kontemporer. Laksbang PRESSindo.
Yudrik, J. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana.