Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mahasiswa PAI Unwaha Pada Mata Kuliah Bahasa Arab
Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mahasiswa PAI Unwaha Pada Mata Kuliah Bahasa Arab
Keywords:
Kesulitan Belajar, B. Arab, Mahasiswa PAIAbstract
Observasi awal di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang, diketahui bahwa mahasiswa PAI mengalami gejala kesulitan belajar pada mata kuliah B. Arab yang ditunjukkan dengan 61% mahasiswa PAI tidak tuntas dalam UAS gasal 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-fator apa yang menyebabkan kesulitan belajar mahasiswa PAI pada mata kuliah B. Arabdi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang Tahun Akademik 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa PAI pada mata kuliah B. Arab di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang Tahun Akademik 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PAI Semester satu kelas reguler A, B dan C Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang Tahun Akademik 2018/2019 yang tidak tuntas dalam UAS gasal sebanyak 76 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 35 mahasiswa PAI dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Variabel penelitian yang digunakan adalah kemampuan analitik, asosiatif, eksploratif dan elaboratif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwamahasiswa PAI mengalami kesulitan pada kemampuan analitik, asosiatif, eksploratif dan elaboratif yang menyebabkan mahasiswa PAI mengalami kesulitan dalam belajar B. Arab.
References
Ariyani, dkk. 2009. Pembelajaran Mendengarkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ayan, Jordan E. 2002. Bengkel Kreativitas. Bandung: Kaifa.
Baharudin dan Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR.RUZZ Media.
Buzan, Toni. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Pusat Bahasa Indonesia.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Dosen Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khusnin. 2008. Mengatasi Keterampilan Membaca Pada Awal Tahun Pelajaran Mahasiswa.http://khusnin.wordpress.com (15 Maret 2019).
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Munib, Achmad. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Ningrum, Retno Kusuma dan Abdul Haris Rosyidi. 2013. Profil Penalaran Permasalahan Analogi Mahasiswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Perbedaan Gender. Vol 3. No 2. Hal. 3-4 ejournal.unesa.ac.id (16 Maret 2019).
Salim, Peter dan Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Subini, Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: JAVALITERA.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharso dan Ana Retnoningsih. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.