Analisis Korelasi untuk Mengetahui Hubungan Peer Group Bullying dengan Psikologi Belajar

Authors

  • Dian Kusuma Wardani Universitas KH A Wahab Hasbullah
  • Nanang Qosim Universitas KH A Wahab Hasbullah
  • Himmatul Aliyah Universitas KH A Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/epic.v6i4.1290

Keywords:

teman sebaya, psikologi belajar, analisis korelasi

Abstract

Peer group atau kelompok teman sebaya adalah suatu interaksi sosial yang di bentuk berasal dari teman sebaya, dengan tujuan dapat memberikan bantuan kepada teman sebaya yang lain ketika mempunyai probelematika. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara peer group bullying dengan psikologi belajar siswa. Responden pada penelitian ini meliputi siswa MTs Al-Hidayah sejumlah 42 siswa (kelas VII dan VIII). Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah disusun kemudian disebarkan kepada responden siswa. Analisis data menggunakan analisis korelasi untuk mengukur hubungan variabel peer group bullyig dengan psikologi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan peer group bullying dengan psikologi belajar sebesar sebesar 0,947 dan bernilai positif, memiliki arti bahwa peer group bullying memiliki hubungan yang signifikan dengan psikologi belajar.

 

References

Aziz, Abdul. Bullying Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Penafsiran Prof. Dr. Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar Terhadap Q.S Al Hujurat:11), 2021, hal.4. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awrx_8d2.0dnKwIAsA_LQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1733980278/RO=10/RU=https%3a%2f%2feprints.ums.ac.id%2f89699%2f11%2fNASKAH%2520PUBLIKASI%2520rev.pdf/RK=2/RS=JKy1UHpC_iPipD1tWYuYyq_Rz6k-
Harlan, Johan. (2018). Analisis Regresi Linear. Depok: Gunadarma.
https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/epic/article/download/576/278 di akses pada 20 Desember 2024 pukul 06.45 WIB
https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/download/565/262 di akses pada 20 Desember 2024 pukul 06.45 WIB
Nur, Fauziah. (2018). Analisis Data Menggunakan Uji Korelasi dan Uji Regresi Linier di Bidang Kesehatan Masyarakat dan Klinis. Bandung: Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
Nurjan, Syarifan. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: WADE GROUP.
Rosita, Tita., et al. Juvenile Delinquency: Kenakalan Remaja dan Anak dalam Sudut Pandang Psikologi dan Hukum. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak. Vol. 5. No. 1. Juni 2023.128-133. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKGGyHmmRneQIAEADLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1735856007/RO=10/RU=https%3a%2f%2fejournal.uinfasbengkulu.ac.id%2findex.php%2fhawa%2farticle%2fview%2f4072/RK=2/RS=rL7X2prUZwNcCyDsAwgjopF4bJU-
Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardani, D.K & Hayati, D.N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di Sman 1 Sugihwaras Bojonegoro. Journal of Education and Management Studies (JoESM) Vol. 4, No. 5, Oktober 2021 Hal. 31- 36.
Wardani, D.K & Khikmah, N. (2021). Analisis Regresi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa kelas XI di MAPK Al-Hidayah Baron Nganjuk. Jurnal Exact Papers in Compilation (EPiC) Vol.3 No.3 Agustus 2021 hal. 419-424.
Yusuf, Husmiati and Adi, Fahrudin. “Perilaku Bullying Asesmen Multidimensi Dan Intervensi Sosial”. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 11. 2012. h.3-5. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6701&ved=2ahUKEwjgi8Clyu6JAxXi-DgGHaQ4POoQFnoECBMQAQ&usg=AOvVaw0gE6CwYUimdymTBwtknnFp

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Wardani, D. K., Qosim, N., & Aliyah, H. (2024). Analisis Korelasi untuk Mengetahui Hubungan Peer Group Bullying dengan Psikologi Belajar. Exact Papers in Compilation (EPiC), 6(4), 39–43. https://doi.org/10.32764/epic.v6i4.1290