Abstract

Pembelajaran Kitab Kuning pada mata pelajaran Fikih merupakan pembelajaran yang sebenarnya dilekatkan pada kitab-kitab warisan abad pertengahan Islam yang masih dipergunakan di Pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan efektivitas pelaksanaan pembelajaran berbasis Kitab Kuning pada mata pelajaran Fikih di MTs Darun Najah Karangploso Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas VIII E yang berjumlah 29 siswi. Sampel yang digunakan berjumlah 29 siswi, karena populasi berjumlah kurang dari 100. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan pembelajaran berbasis Kitab Kuning pada mata pelajaran Fikih di MTs Darun Najah Karangploso Malang menurut teori yang telah dikemukakan oleh Slavin berjalan efektif (2) Dengan menggunakan teknik analisis statistik, tingkat keefektifan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Fikih di MTs Darun Najah Karangploso Malang, ditunjukkan dari hasil angket dengan menggunakan rumus percentage of agreement, didapatkan persentase sebesar 73% yang termasuk dalam kategori efektif. Maka dari itu, pelaksanaan pembelajaran berbasis Kitab Kuning pada mata pelajaran Fikih di MTs Darun Najah Karangploso Malang berjalan efektif