Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Fikih Berbasis Kitab Kuning Pada Kelas VIII Di MTs Darun Najah Karangploso Malang

Authors

  • Emi Lilawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Ariska Syifa’ Nuril Mahmuddah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v6i1.886

Keywords:

Fikih, Kitab Kuning, Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran Kitab Kuning pada mata pelajaran Fikih merupakan pembelajaran yang sebenarnya dilekatkan pada kitab-kitab warisan abad pertengahan Islam yang masih dipergunakan di Pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan efektivitas pelaksanaan pembelajaran berbasis Kitab Kuning pada mata pelajaran Fikih di MTs Darun Najah Karangploso Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas VIII E yang berjumlah 29 siswi. Sampel yang digunakan berjumlah 29 siswi, karena populasi berjumlah kurang dari 100. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan pembelajaran berbasis Kitab Kuning pada mata pelajaran Fikih di MTs Darun Najah Karangploso Malang menurut teori yang telah dikemukakan oleh Slavin berjalan efektif (2) Dengan menggunakan teknik analisis statistik, tingkat keefektifan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Fikih di MTs Darun Najah Karangploso Malang, ditunjukkan dari hasil angket dengan menggunakan rumus percentage of agreement, didapatkan persentase sebesar 73% yang termasuk dalam kategori efektif. Maka dari itu, pelaksanaan pembelajaran berbasis Kitab Kuning pada mata pelajaran Fikih di MTs Darun Najah Karangploso Malang berjalan efektif

References

Warsita, B. (2008). Teori belajar robert m. gagne dan implikasinya pada pentingnya pusat sumber belajar. Jurnal teknodik. Vol. 12 No. 1. 064-078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116
Ismail, Asep Usmani. 2002. “Menguak yang Ghaib Khasanah Kitab Kuning”. Jakarta: Penerbit Hikmah
Riyati, K. I., Alfa, F., & Musthofa, I. (2020). Model Pembelajaran Fiqih Berbasis Kitab Kuning Di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Karangploso. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(5), 109-117.
Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

25-02-2023

How to Cite

Lilawati, E., & Mahmuddah, A. S. N. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Fikih Berbasis Kitab Kuning Pada Kelas VIII Di MTs Darun Najah Karangploso Malang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 6(1), 11–17. https://doi.org/10.32764/joems.v6i1.886

Issue

Section

Articles