Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada pokok bahasan Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Berdasarkan pengamatan, peneliti menemukan bahwa siswa cenderung kurang termotivasi, kurang semangat dan pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dikarenakan masih belum bisa memahami pentingnya pembelajaran IPA. Sehingga, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Peneliti mencoba dengan menerapkan strategi pembelajaran Project Base Learning (PjBL) yang diharapkan dapat menyelesaiakan masalah tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek siswa kelas VII B sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar Pada siklus I rata-rata sebesar 69,14% meningkat menjadi 82,29% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar menunjukkan bahwa rata-rata pada siklus I mencapai 69,37 dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,5% pada siklus II meningkat rata-rata hasil belajar menjadi 83,34 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84%. Terlihat bahwa terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II.


 Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, project base learning