Arthawani, Gresita. (2021). Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Digital Repository Universitas Jember, (September 2019), 2019–2022.
Cahyani, Rabilla Rizki. (2021). Pengembangan Soal Tes Berbasis Quizizz sebagai Alat Evaluasi Untuk Menumbuhkan Motivasi Berkompetisi Peserta Didik. 90.
Dewi, Cahya Kurnia. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung. Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6. Retrieved from http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand
Fitriyani, Yani, Fauzi, Irfan, & Sari, Mia Zultrianti. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Lisnani*, Lisnani, & Emmanuel, Gunadi. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 155–167. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018
Maulida, Khilda, Hidayah, N. U. R., Studi, Program, Biologi, Pendidikan, Ilmu, Fakultas, Dan, Tarbiyah, Islam, Universitas, & Syarif, Negeri. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz ( KAHOOT ) Pada Konsep Sistem Gerak.
Muhammad, Yasir., & Panah, Ebrahim. (2020). An Evaluation of Kahoot Application and Its Environment as a Learning Tool. International Journal of Educational …, 14(12), 1191–1197. Retrieved from https://publications.waset.org/10011647/an-evaluation-of-kahoot-application-and-its-environment-as-a-learning-tool
Mustikawati, Fenny Eka. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 0(0), 2019. Retrieved from https://semcon.unib.ac.id/index.php/semiba/Semiba/schedConf/presentations
Priyonggo Very, Ferit, & Qosyim, Ahmad. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII Ferit Very Priyon.
Purba, L. S. L. (2020). The effectiveness of the quizizz interactive quiz media as an online learning evaluation of physics chemistry 1 to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022039
Rosyidah, Nurlaili, Hidayat, Jefri Nur, & Azizah, Lutfiana Fazat. (2019). Uji Kelayakan Media Uriscrap (Uri Scrapbook) Menggunakan Model Pengembangan 4D. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.43
Setiawati, Ety, Rahayu, Hanum Mukti, & Setiadi, Anandita Eka. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X Sman 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 47–57. https://doi.org/10.29406/522
Sulistiyawati, Wiwik, Sholikhin, Rijalush, Afifah, Dian Septi Nur, & Listiawan, Tomi. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 46–57.
Syarifudin, Albitar Septian. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Teddan, Eko. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Siswa Berbasis Aplikasi Android Smart Godi Smpn 2 Bua.
- Abstract viewed - 1244 times
- PDF downloaded - 780 times
Affiliations
Arina Widianti
Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Fatikhatun Nikmatus Sholihah
Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
How to Cite
Pengembangan Soal Kuis Online Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Materi Animalia Di MA Al-Bairunny Jombang
Vol 5 No 6 (2022): Desember
Submitted: Sep 15, 2022
Published: Dec 20, 2022
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu mendeskripsikan hasil validasi soal kuis online menggunakan aplikasi kahoot pada materi Animalia berdasarkan ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran. Metode penelitian pengembangan mengadaptasi dari model pengembangan 4D yang meliputi: Define (Definisi), Design (Desain), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebarluasan). Subjek uji coba yaitu validator ahli materi dan validator ahli media. Jenis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini yaitu data yang berupa kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini menggunakan angket analisis kebutuhan dan lembar angket validasi ahli. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu hasil validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata – rata persentase kelayakan ahli materi adalah 85% dan hasil rata-rata persentase kelayakan ahli media pembelajaran adalah 93%.
Kata Kunci: Kuis online, Kahoot, Animalia