Minat Beli pada Marketplace yang berbasis UMKM : Tokopedia dan Bukalapak
Keywords:
Bisnis Daring, Minat Beli, MarketplaceAbstract
Perkembangan internet mengalami kemajuan yang sangat pesat di Indonesia. Seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak signifikan kehadiran internet salah satunya yaitu sektor bisnis sedangkan individu merupakan pelaku internet yang memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun. Minat merupakan salah sutu prediktor dari perilaku konsumen karena minat menggambarkan bagaimana perilaku seseorang terhadap sesuatu.Para pebisnis telah berhasil mengembangkan bisnisnya melalui media internet.Laman marketplace merupakan situs yang digunakan oleh pebisnis untuk memudahkan pembeli dalam mencari toko daring yang diinginkan, diantaranya seperti Tokopedia.com dan Bukalapak.com.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan minat beli di Tokopedia.com dan Bukalapak.com.Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian komparatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menentukan anggota sampel menggunakan accidentalsampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan minat beli di Tokopedia.com dan Bukalapak.com.Hasil analisis tersebut dapat menjadi tantangan untuk para pebisnis agar lebih meningkatkan strategi bersaing di toko daring
References
Alma, H. Buchari, Prod. Dr. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : ALFABETA, CV
Binalay, Andrew Gustnest, Silvya L. Mandey dan Christoffel M. O. Mintardjo. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Motivasi terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Manado. ISSN 2303-1174. 4 (1) : 398
Kotler, Phillip and Amstrong. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga Amstrong
Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga
Mustafidah, Taniredja. 2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: ALFABETA, CV
Nurrahamanto, Prasetyo Agus. (2015). Pengaruh Kemudahan Pengguanaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja dan Kepercayaan Kosumen Terhadap Minat Beli Kosumen di Situs Jual Beli Online Bukalapak.com. Diponegoro Journal of Management . 4 (2) : 2-5
Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LakBang PRESSindo
Peter dan Olson, J. P. 2017. Edisi 9. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Profile Bukalapak. Melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak [29/03/02018]
Profile Perusahaan Lazada Indonesia. Melalui https://www.kaskus.co.id/thread/565f31b35a5163132e8b4567/profil-perusahaan-lazada-indonesia/ [03/03/2018]
Profile Tokopedia. Melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia [29/03/02018]
Santoso, Singgih. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Setiadi, Nugroho J, Dr, SE., M.M. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta: KENCANA
Sugiyono, Prof. Dr. 2010. Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV
Sugiyono, Prof. Dr. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV
Sugiyono, Prof. Dr. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA,CV
Suharsimi, A. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Suryani. 2016. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: KENCANA
Veronika. 2016. Pengaruh Iklan dan Brand Image terhadap Minat Beli Kosumen, dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi. Melalui https://repository.usd.ac.id/5929/2/122214064_full.pdf [21/01/2018]
Yusuf, Muri. Prof. Dr. M.Pd. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: KENCANA