Efektifitas Strategi Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menerjemahkan Bahasa Arab Ke Bahasa Indonesia
Keywords:
Grup Investigation, Pembelajaran Bahasa Arab, Meningkatkan Kemampuan MenterjemahAbstract
Pembelajaran bahasa Arab di sekolah menengah banyak yang menerjemahkan beberapa struktur kalimat pendek dan panjang. Seperti dalam percakapan dan topik tertentu yang sesuai dengan kurikulum dengan bahan-bahan yang relatif sederhana. Maka dari itu, terdapat banyak masalah dalam penerjemahan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia, termasuk kurangnya kosakata dan teori tentang terjemahan dan kurangnya minat dan semangat siswa dalam penerjemahan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Strategi Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menerjemahkan Bahasa arab ke Bahasa Indonesia Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah : Test, Observasi, Angket dan Dkomentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Kuantitatif dan termasuk Eksperimen semu (Quasi-Eksperimental Design). Dan metode analisis data peneliti menggunakan rumus Wilcoxon Mached-Pairs Test. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa ada Efektifitas Strategi Group Investigation dalam meningkatkan kemampuan siswa menerjemahkan. Berdasarkan output “Test Statistics”, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0.000 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpullkan bahwa “hipotesis diterima”.
References
E Slavin, Robert. 2008. Cooperatif Learning “Teori, Riset dan Praktek”: Bandung. Nusa Media.
Izzan, Ahmad. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab : Bandung. Humaniora.
Burdah, Ibnu,2004. Menjadi Penerjemah “Metode Dan Wawasan Menerjemah Teks Arab” : Yogyakarta. Tiara Wacana Yogya.
Nazir, Moh. 2000. Metode penelitian : Cet VII. Bogor. Ghali Indonesia.
Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Reseach’s : Yogyakarta. Andi offset.
Darmadi, Hamid.2011. Metode Penelitian Pendidikan : Cet II. Bandung. Penerbit Alfabeta,Cv.
Ainin, Moh. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab : Cet II. Surabaya. Hilal Pustaka.
Tanzeh, Ahamad. 2009. Pengantar Metode Penelitian : Yogyakarta. Teras.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa : Cet-II. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press GMUP.
Muhammad, Ali Hanafi. 2013. Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Maharoh Qiro’ah siswa kelas VIII MTs.N Prambanan. Yogyakarta. UINSUKA. Tidak diterbitkan.
A.S, Mudzakir. Syihabuddin. 2003. Teori dan Praktik Penerjemahan Arab-Indonesia : Jakarta. Depdiknas.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : cet-9. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D : Cet-23. Bandung. Alfabeta. .
Sukardi. 2012. Metode Penelitian Pendidikan : cet. 11. Jakarta. PT Bumi Askara.
Margono, S. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan : cet. 9. Jakarta. Rineka Cipta.
Muttaqien, Nasrullah Zaenul. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiyah : Gontor Ponorogo. Trimurti.
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Perhitungan Manual dan SPSS : cet. 3. Jakarta. PT Fajar Interpratama Mandiri.