Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Struktur Aljabar I untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pembuktian Matematis Mahasiswa.

Authors

  • Eliza Verdianingsih Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Keywords:

Bahan Ajar, Struktur Aljabar I, Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemampuan Pembuktian Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar I dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa (2) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar I dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dan (3) mengetahui kemampuan pemahaman matematis mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. (4) mengetahui kemampuan pembuktian matematis mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development approach dengan menggunakan model 4-D (Four- D Models). Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah yang mengambil matakuliah struktur aljabar I pada semester genap tahun akademik 2017/2018 yang terdiri atas satu kelas. Data dianalisis melalui perpaduan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) & (2) bahan ajar struktur aljabar I yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan, penggunaan bahasa, maupun perwajahan, dengan beberapa catatan perbaikan, (3 & 4) penggunaan bahan ajar struktur aljabar dapat mengembangkan kemampuan pemahaman dan  pembuktian matematis sebesar 29,75% dan 18,84%.

References

Arnawa, Made I. 2006. “Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Mahasiswa dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS”. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arnawa. Made I. 2009. “Mengembangkan Ke-mampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pem-belajaran Berdasarkan Teori APOS”. dalam Jurnal Matematika dan Sains. XIV(2). hlm 62-68.
Belawati, Tian dkk. 2004. Pengembangan Ba-han Ajar. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Douek, Nadia. 1999. “Some Remarks about Ar-gumentation and Mathematical Proof and Their Educational Implications”. Procee-dings of the First European Research in Mathematics Educations.http://www.fmd. uni-osnabrueek.de/ebooks/erme/cerme1-proceedings /cerme1-proceedings.html. (diunduh tanggal 19 Oktober 2014).
Isnarto. et al. 2014. “Students’ Proof Ability: Exploratory Studies of Abstract Algebra Course”. International Journal of Educa-tion and Research. II(6). hlm 215-228.
Mulbar, Usman. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Meman-faatkan Sistem Sosial Masyarakat. dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan. XXXII (3). hlm 420 – 431.
Sabri, 2013. “Bukti di dalam Belajar Mengajar Matematika”. http://digiilib.unm.ac.id/ files/disk1/5/universitas%20negeri%20 makassar-digilib-unm-sabri-234 -1-bukti-di-a.pdf. (diunduh 15 September 2014).
Santosa, Cecep A. 2013. “Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Ketika Melakukan Pembuktian Matematis Formal”. dalam Jurnal Penga-jaran MIPA. XVIII (2).http://jurnal.upi. edu/2127/author/cecep -anwar-hf-santosa. (diunduh15 September 2014).
Selden, Annie. dan Selden, John. 2003. “Valida-tions of Proof Considered as Texts: Can Undergraduates tell Whether an Argument proves a Theorem?” Dalam Journal for Re-search in Mathematics Education. XXXIV (1). hlm 4-36.
Selden, Annie. dan Selden, John. 2007. Teaching Proving by Coordinating Aspects of Proofs with Students’ Abilities. https://math.tntech. edu/techreports/ TR_2007_2.pdf(diunduh 21 September 2014).

Downloads

Published

05-02-2019

How to Cite

Verdianingsih, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Struktur Aljabar I untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pembuktian Matematis Mahasiswa. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 1(2), 1–10. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/47