Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Siswa Kelas IX SMP Darul Ulum 5 Jombang

Authors

  • Hilyah Ashoumi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Syarif Hidayatulloh Universitas KH.A.Wahab Hasbullah Jombang

Keywords:

Kompetensi Kepribadian Guru; Perilaku Siswa.

Abstract

Dalam Undang-undang Guru dan Dosen dikemukakan kompetensi kepribadian guru adalah “kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik”. kompetensi kepribadian ini sebagai kompetensi personal, yaitu kemampuan pribadi seorang guru yang diperlukan agar dapat menjadi guru yang baik. Kepribadian guru adalah unsur yang cukup menentukan keakraban hubungan guru dan siswa. Oleh sebab itu kepribadian guru akan senantiasa menjadi cerminan bagi siswa dalam setiap perbuatan dan tingkah lakunya. Dalam permasalahan fenomena rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, salah satu masalah yang paling disoroti adalah guru. Maka dari itu guru harus memiliki kompetensi sebagai pembentuk kepribadian yang baik pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) melalui pendekatan kuantitatif korelasional. Metode penentuan subyeknya mengambil seluruh siswa kelas IX di SMP Darul Ulum 5 Jombang sebagai responden penelitian yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswi kelas IX A dan 18 siswa kelas IX B. Dan dari populasi tersebut peneliti mengambil seluruh siswa untuk dijadikan responden karena penelitian ini termasuk jenis penelitian populasi. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisa data menggunakan rumus korelasi product moment. Hipotesa yang diajukan adalah Ha: ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku siswa. Hasil dari interpretasi data yang didapatkan adalah r hitung > r tabel (0.697 > 0.329). sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku siswa kelas IX SMP Darul Ulum 5 Jombang dinyatakan diterima.

References

Ahmad Abu, Salimi Noor, 2014 Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad Abu Syuja’ Bin Husain, 2000 Ringkasan Fiqih Islam. Surabaya: Al-Miftah.
Aqib, Zainal, 2015 Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Bukhari Ahmad, 2011. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Amzah.
Djamarah Syaiful Bahri, Aswan Zain, 2010 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Drajat Zakia Dkk, 2014 Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Jabbar, Umar abdul, Mabadiul Fiqhiyyati Al Juz’u Tsalits. Surabaya: Sumber Ilmu.
Kurniasih, Imas 2015. Ragam PengembanganModel Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan Bandung: Alfa Beta.
Nasution. 2016. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Nirmala Andini T, Aditya A Pratama. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Prima Media.
Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: kalam mulia.
Rathomy, Moh Abdai. Permulaan Fiqiih Terjemah Mabadi’ Fiqih. (Surabaya: TB Imam)
Silberman, Melvin. 2013 Active Learning, Bandung: Nusa Media.
Sudaryono. 2017 Metodologi Penelitian, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2012 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Posdakarya.
Sugiyono. 2017Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.
Sunarto, Achmad. 1991 Terjemah Fathul Qarib. Surabaya: Al Hidayah.
Suprijono, Agus. 2014Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taniredjja, Tukiran. Dkk. 2011 Model-Model Pembeljaran Inovatif dan Efektif Bandung: Alfa Beta.

Downloads

Published

03-02-2019

How to Cite

Ashoumi, H., & Hidayatulloh, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Siswa Kelas IX SMP Darul Ulum 5 Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 1(2), 69–74. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/44