Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perangkat brain based learning yang berkualitas baik pada materi peluang siswa kelas IX (2) Mendeskripsikan keefektifan brain based learning pada pembelajaran materi peluang siswa kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model Pengembangan perangkat pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4 D model yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), untuk tahap penyebaran yang dilakukan adalah tahap penyebaran terbatas.  Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), (3) Tes Hasil Belajar (THB). Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan berkualitas baik, 2) Pembelajaran brain based learning efektif digunakan untuk mengajarkan materi Peluang.


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perangkat brain based learning yang berkualitas baik pada materi peluang siswa kelas IX (2) Mendeskripsikan keefektifan brain based learning pada pembelajaran materi peluang siswa kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model Pengembangan perangkat pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4 D model yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), untuk tahap penyebaran yang dilakukan adalah tahap penyebaran terbatas.  Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), (3) Tes Hasil Belajar (THB). Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan berkualitas baik, 2) Pembelajaran brain based learning efektif digunakan untuk mengajarkan materi Peluang.