Analisis Video Pembelajaran Hasil Praktikum pada Matakuliah Mikrobiologi

Authors

  • Fitriani Irawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ospa Pea Yuanita Meishanti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Anggun Wulandari

Keywords:

Video, Pembelajaran, Praktikum, Matakuliah, Mikrobiologi

Abstract

ABSTRACT

The expected goal of this research is to analyze the learning video of practicum results in microbiology courses. In this study researchers used qualitative methods. For that the authors individually will go directly to the field in order to obtain data from informants. Data analysis process begins with reviewing all available data from various sources, namely from interviews, observations that have been written in field notes, personal documents, official documents, pictures, photos and so on (Lexy J. Moleong, 2012: 247). The results of video observations by expert lecturers of group 5 get the highest score of 100 with very good criteria, whereas based on the result of video observations by group 2 researchers get the highest value of 81,25 with very good criteria.

Keywords: video, learning, practicum, matakuliah, mikrobiologi.

 

ABSTRAK

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah menganalisis video pembelajaran hasil praktikum pada matakuliah mikrobiologi; Dalam penelitian ini peneliti menggunakaan metode kualitatif. Untuk itu penulis secara individu akan langsung terjun ke lapangan guna memperoleh data dari informan; Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar, foto, dan sebagainya (Lexy J. Moleong, 2012: 247); Hasil pengamatan video oleh dosen ahli kelompok 5 mendapatkan nilai tertinggi yaitu 100 dengan kriteria sangat baik, Sedangkan berdasarkan hasil pengamatan video oleh peneliti kelompok 2 mendapatkan nilai tertinggi yaitu 81,25 dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: video, pembelajaran, praktikum, matakuliah, mikrobiologi.

References

Alhajjah. 2013. Perbandingan pengunaan LKS teks, gambar dan video terhadap keterampilan proses sains dan pengetahun prosedural. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI, Bandung.
Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakata: PT Raja Grafindo Persada.
Cappuccino dan Sherman. 2013. Manual Laboratorium Mikrobiologi Edisi V111. Jakarta egc. hal: 111, 112, 117, 313, 329, 331, dan 332.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Feni. 2014. Studi Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII yang Diterima Melalui Jalur Bina Lingkungan dan Non Bina Lingkungan di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Skripsi.
Hamidi. 2004: 72. Metode penelitian kualitatif. Malang: UMM Pres.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Jakarta.
Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi IBU. 2014.
Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi. 2014.
Madigan. 2006. Brock Microbiology of microorganism. San Francisco: Benjamin Cummings Publishing.
Margunayasa.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol. 2, No. 1.
Masnur. 2011. Pendidikan Karakter.Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Meishanti, OPY. 2018. Pelibatan Aktor Pendidikan Dalam System Three Way Traffic Communication Untuk Meningkatkan Mutu Peserta Didik Sekolah Dasar Di Jombang. Jurnal Akrab Juara (online), VOL. 3, NO. 1, http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/140 diakses 6 Juli 2019
Meishanti, OPY. 2019. Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal Eduscope (Online), Vol. 4, No. 01, http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/380 diakses 6 Juli 2019
Moehar. 2002. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.
Rosdayakarya.Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi dan Martini. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Jogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rachmawati & Daryanto. 2013.Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta. Gava Media.
Ruparanganda. Rwodzi. dan Mukundu. 2013. Project Approach as an Alternative to Regular Laboratory Practical Work in the Teaching and learning of Biology in Rular Secondary Schools in Zimbabwe International Journal Education and Information Studies ISSN 2277- 3169 3(1): 13-20. Research India Publications. 8 hlm.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sopandi dan Wardah. 2014. Mikrobiologi Pangan Teori dan Praktik. Maya (ed). Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Subiantoro. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA (Makalah).Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2010: 194. Metode Penelitian Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Arruzz Media. Yogyakarta.
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

22-08-2020

How to Cite

Irawati, F., Meishanti, O. P. Y., & Wulandari, A. (2020). Analisis Video Pembelajaran Hasil Praktikum pada Matakuliah Mikrobiologi. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(4), 6–12. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/299

Issue

Section

Articles