Pengembangan Worksheet Bahasa Inggris Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • nurul afidah unwaha

Keywords:

Kata Kunci: Penemuan Terbimbing, lembar kerja, Sekolah Dasar.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Worksheet Bahasa Inggris Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas 6  SD Dapurkejambon Jombang. Berdasarkan hasil penyebaran angket analisis kebutuhan siswa dan guru, serta karakteristik dan motivasi siswa, dapat disimpulkan bahwa selama ini bahan ajar yang digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris adalah buku yang disediakan oleh pihak sekolah tanpa disertai lembar kerja siswa Dan bisa dibilang bahan ajar tersebut kurang akan latihan latihan untuk para siswa. Upaya untuk membantu proses pembelajaran terhadap pada Mata pelajaran Bahasa Inggris salah satunya adalah dengan dikembangkan worksheet  berbasis penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan 4D(define, design, develop, disseminate). Untuk peneliti selanjutnya dianjurkan untuk meneliti atau mngembangkan media yang sama pada tingkat sekkolah yang berbeda

References

DAFTAR RUJUKAN
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: PPPPTK Maetematika.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Prenada media Group.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publish.

Downloads

Published

29-02-2020

How to Cite

afidah, nurul. (2020). Pengembangan Worksheet Bahasa Inggris Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Dasar. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(1), 25–30. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/284

Issue

Section

Articles