Konsep Pendidikan Akhlak Sebagai Pembentukan Insan Kamil Dalam Perspektif Naquib Al- Attas
Keywords:
Konsep Pendidikan Akhlak, Pembentukan Insan Kamil, Perspektif Al – AttasAbstract
Pendidikan Akhlak merupakan pendidikan fundamental, pendidikan yang mempunyai peranan yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan,pendidikan yang menyasar dimensi moralitas dalam diri manusia, namun sayang sudah mulai di lupakan oleh para pendidik serta pemangku kebijakan di negeri ini. Konsep pendidikan Akhlak meliputi hakikat, tujuan, dan materi pendidikan akhlak. Pemikiran Al – Attas tentang pendidikan akhlak menyasar betapa pentingnya penanaman adab sebagai pendidikan Islam yang disebut ta’dib. Al – Attas menekankan pentingnya pengajaran ilmu fardlu ain, yaitu ilmu pengetahuan yang menekankan dimensi keTuhanan, intensifikasi hubungan manusia – Tuhan dan manusia-manusia, dan nilai – nilai moralitas lainnya yang membentuk cara pandang murid terhadap kehidupan dan alam semesta.
References
Basri, Hasan,Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Setia,Bandung, 2009
Hamzah, Ali,Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, AlfaBeta,Bandung, 2014
Nata, Abudin, Akhlak Tasawuf, Raja Grafindo Persada,Jakarta, 2006
Nor Wan Daud, Wan Mohd, , Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas, Mizan, Bandung,
Naquib Al- Attas, Muhammad, Konsep Pendidikan Dalam Islam, Mizan,Bandung, 1992
Ramayulis,Ilmu pendidikan Islam, Kalam Mulia,Jakarta, 2012
Tim Penyusun MKD IAIN Sunan Ampel Surabaya,Akhlak Tasawuf,IAIN Sunan Ampel Press, surabaya, 2011