Konsep Pendidikan Akhlak Sebagai Pembentukan Insan Kamil Dalam Perspektif Naquib Al- Attas

Authors

  • Machnunah Ani Zulfah Unwaha
  • Fauzi Khoirul Abidin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

Keywords:

Konsep Pendidikan Akhlak, Pembentukan Insan Kamil, Perspektif Al – Attas

Abstract

Pendidikan Akhlak merupakan pendidikan fundamental, pendidikan yang mempunyai peranan yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan,pendidikan yang menyasar dimensi moralitas dalam diri manusia, namun sayang sudah  mulai di lupakan oleh para pendidik serta pemangku kebijakan  di negeri ini. Konsep pendidikan Akhlak meliputi hakikat, tujuan, dan materi pendidikan akhlak. Pemikiran Al – Attas tentang pendidikan akhlak menyasar betapa pentingnya penanaman adab sebagai pendidikan Islam yang disebut ta’dib. Al – Attas menekankan pentingnya pengajaran ilmu fardlu ain, yaitu ilmu pengetahuan yang menekankan dimensi keTuhanan, intensifikasi hubungan manusia – Tuhan dan manusia-manusia, dan nilai – nilai moralitas lainnya yang membentuk cara pandang murid terhadap kehidupan dan alam semesta.

References

Ahamad Saebani, Beni dkk, Ilmu Akhlak, Pustaka Setia,Bandung, 2010
Basri, Hasan,Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Setia,Bandung, 2009
Hamzah, Ali,Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, AlfaBeta,Bandung, 2014
Nata, Abudin, Akhlak Tasawuf, Raja Grafindo Persada,Jakarta, 2006
Nor Wan Daud, Wan Mohd, , Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas, Mizan, Bandung,
Naquib Al- Attas, Muhammad, Konsep Pendidikan Dalam Islam, Mizan,Bandung, 1992
Ramayulis,Ilmu pendidikan Islam, Kalam Mulia,Jakarta, 2012
Tim Penyusun MKD IAIN Sunan Ampel Surabaya,Akhlak Tasawuf,IAIN Sunan Ampel Press, surabaya, 2011

Downloads

Published

29-01-2019

How to Cite

Zulfah, M. A., & Abidin, F. K. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak Sebagai Pembentukan Insan Kamil Dalam Perspektif Naquib Al- Attas. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 1(1), 51–60. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/26