Keterampilan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Fisika pada Kurikulum 2013

Authors

  • Ino Angga Putra Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Novia Ayu Sekar Pratiwi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

Keywords:

Keterampilan, Perangkat Pembelajaran, Fisika, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa Fisika dalam merancangan perangkat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FIP Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Data yang diperoleh adalah data penilaian silabus dan penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan menggunakan lembar penilaian silabus dan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian silabus mahasiswa sudah tergolong baik. Hasil penilaian RPP mahasiswa menunjukkan nilai tergolong cukup baik. Hal ini dikarenakan mahasiswa belum paham akan cara penyusunan RPP yang sesuai kurikulum 2013. Diharapkan dimasa mendatang perlu ada pemahaman terlebih dahulu kepada mahasiswa terkait cara penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

References

Asriati, N. 2009. Implementasi KTSP dan kendalanya (antara harapan dan kenyataan). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 3(2) 243-256.
Bariyah, L. Budiono, J.D., dan Rahayu, Y.S. 2014. Analisis Kesesuaian RPP dan pelaksanaan Pembelajaran Guru. Bio Edu, 2(2).
Dewi, R.P. dan Krismawati, S. 2018. Kemampuan Menyusun Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2014 Tahun Akademik 2016/2017. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI).
Hariyanto, F.A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan RPP berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan “Bloom’s Taxonomy Cognitive Domain Learning Stages” pada Mahasiswa Semester VI FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Inspirasi Pendidikan, 4(1) 423-437.
Indriani, K.W.A. 2017. Analisis Kualitas Perancangan RPP dengan menggunakan Kerangka Kerja ELPSA pada Focused Group Discussion di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1) 25-34.
Kurniasih, I. dan Berlin, S. 2014. Perancangan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogayakarta: Pustaka Pelajar.
Sidik, L.M. 2015. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Kurikulum 2007 melalui Pola pendampingan berbasis MGMP. Ilmiah IKIP Mataram, 2(1) 500.
Wiyana. 2013. Pengaruh Pengetahuan KTSP dan Pendidikan terhadap Kemampuan Menyusun RPP Guru SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2) 239-248.

Downloads

Published

31-08-2019

How to Cite

Putra, I. A., & Sekar Pratiwi, N. A. (2019). Keterampilan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Fisika pada Kurikulum 2013. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 2(4), 41–46. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/159