Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Stabilitas Profit Bisnis Industri Rumah Tangga
DOI:
https://doi.org/10.32764/joems.v8i3.1505Keywords:
Etika, Bisnis Islam, Industri Rumah TanggaAbstract
Etika adalah penilaian sifat kebenaran atau kebaikan dari tindakan sosial berdasarkan kepada tradisi yang dimiliki individu atau kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana penerapan etika bisnis islam terhadap kemajuan industri rumah tangga Industri erat kaitannya dengan daya saing, seiring berkembangnya zaman para pemilik usaha tidak boleh cepat merasa puas dengan hasil yang telah didapatkan karena persaingan bisnis semakin lama sangat ketat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder, selain itu metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian juga menyimpulkan bahwa etika bisnis islam, industri rumah tangga memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan daya saing di pasaran.
References
Arianty, N. (2017). Analisis usaha industri rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Dalam Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian untuk Kesejahteraan Masyarakat (hlm. 447–454). Lembaga Penelitian, Universitas Medan Area.
Ghusaain, N., & Widyaningsih, B. (2022). Penerapan etika bisnis Islam dalam industri perbankan syariah di Indonesia. Istismar: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 11–18.
Hulaimi, A., Sahri, & Huzaini, M. (2017). Etika bisnis Islam dan dampaknya terhadap kesejahteraan pedagang sapi. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 2(1), 17–31.
Joesyiana, K. (2017). Strategi pengembangan industri rumah tangga di Kota Pekanbaru (Studi kasus usaha tas rajut industri pengolahan kreatifitas tali kur). Jurnal Valuta, 3(1), 159–172.
Meliza, Y., Widiyanti, W. E., & Khasanah, U. N. (2023). Literature review: Pentingnya penerapan etika bisnis Islam dalam kegiatan transaksi e-commerce pada marketplace Shopee. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(2), 168–179. https://doi.org/10.59407/jmie.v1i2.317
Sampurno, W. M. (2016). Penerapan etika bisnis Islam dan dampaknya terhadap kemajuan bisnis industri rumah tangga. Journal of Islamic Economics Lariba, 2(1), 13–18.
Syafiq, A. (2019). Penerapan etika bisnis terhadap kepuasan konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih: Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, 5(1), 96–113. https://doi.org/10.29062/faqih.v5i1.54
Yulianti, M., Yulianti, F., & Shanti, A. (2018). Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan pada industri rumah tangga telur asin Kawasan Rumah Pangan Lestari Sri Rejeki Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(1), 63–65.