Pengaruh Program Afiliasi dan Fitur Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di TikTok Shop

Authors

  • Nia Aprilia Bisari Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Wiwik Itasari Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Septian Ragil Anandita Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ibrahim Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v8i3.1501

Keywords:

Fitur Live Shopping, Keputusan Pembelian, Program Afiliasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program afiliasi dan fitur live shopping terhadap keputusan pembelian konsumen di TikTok Shop. Metode yang dipergunakan dalam studi ini yakni metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna TikTok Shop di Indonesia, yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti sehingga dianggap populasi tak terhingga (infinite population). Sementara sampelnya sebanyak 100 responden yang ditetapkan memakai teknik purposive sampling. Data yang dihimpun memakai metode kuesioner, yang berikutnya dianalisis memanfaatkan analisis regresi berganda dibantu SPSS versi 26. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya variabel program afiliasi secara parsial memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di TikTok Shop, sementara secara parsial variabel fitur live shopping juga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di TikTok Shop. Secara simultan, variabel program afiliasi dan fitur live shopping memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di TikTok Shop.

References

Afkar, M. A., & Yustisia, I. K. (2023). Model Bisnis TikTok Shop dan Implikasinya terhadap Ekonomi Digital di Indonesia. Journal of Law and Economics, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.56347/jle.v2i1.180

Asshidqi, A. A., & Yuliana, N. (2023). Pengaruh Tiktok Shop Terhadap UMKM Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 149–156. https://doi.org/10.5281/zenodo.10280058

Evi, M., Dewi, L. O. A., & Amarjupi, D. S. (2022). Pengaruh Strategi Marketing E-Commerce Shopee Dan Media Tiktok Dalam Perspektif Nilai Edukasi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(3), 10477–10482. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i3.3522

Firdausiah, R. A., Putra, B. N., & Sari, R. P. (2023). Impulsive Buying in Live Tiktok Shop: Exploring The Role of Telepresence, Enjoyment and Trust Among Generation Z. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 10(1), 56–70. https://doi.org/10.31289/jkbm.v10i1.10456

Google, Temasek, & Bain & Company. (2023). e-Conomy SEA 2023: Reaching new heights, Navigating the path to profitable growth. https://www.bain.com/insights/e-conomy-sea-2023/

Helianthusonfri, J. (2019). Paduan Affiliate Marketing Untuk Pemula. PT Elex Media Komputindo.

Indayani, L., Hariasih, M., & Sumartik, S. (2022). Buku Ajar Manajemen Ritel. CV. Pradina Pustaka Grup. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-046-5

Izumi, C. F., Nengsih, M. K., & Muksin, M. (2024). Pengaruh Live Streaming Shopping dan Affiliate Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 743–754. https://doi.org/10.59685/jema.v3i3.1090

Monicha, A., Sania, F., & Febriana, P. (2023). Live Streaming TikTok Meningkatkan Penjualan dan Keterlibatan Merek di Indonesia. CONVERSE: Journal Communication Science, 1(1), 37–48.

Panji Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2020). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Distro “Rown Division” di Kota Solo. Excellent, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793

Puspitasari, R. (2023). Pengaruh Pemasaran Afiliasi E-Commerce pada Media Sosial Terhadap Minat Beli Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. International Journal Administration Business and Organization, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.61242/ijabo.v4i2.257

Rahmawati, N. F. (2023). Pengaruh Affiliate Marketing, Live Streaming, Dan Program Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna E-Commerce Shopee di Surakarta) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta]. http://eprints.uinsaid.ac.id/22373/

Sa’adah, L. (2020). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Unipress (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Press).

Sanjaya, C., & Candraningrum, D. A. (2021). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen di Toko Non Star Seller. Prologia, 5(2), 369–376. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10216

Shinta, N. P., Maduwinarti, A., & Nasution, U. C. M. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing dan Online Customer Reviews TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 44–52.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami, A., Irwan, M., & Nasution, P. (2023). Perkembangan Pasar Online (E-Commerce) Di Era Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(2), 126–132. https://doi.org/10.59024/jemb.v1i2.138

Wulandari, D., & Aulia, P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif belanja online pada generasi z di Kota Padang. Jurnal Riset Psikologi, 3(1), 1–9. [tautan mencurigakan telah dihapus]

Zami, R. Z. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping Dan Online Customer Review Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Enjoyment Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna TikTok di Kota Semarang) [Tesis, STIE Bank BPD Jateng]. http://repository.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/1381/

Published

30-06-2025

How to Cite

Bisari, N. A., Itasari, W., Anandita, S. R., & Ibrahim, I. (2025). Pengaruh Program Afiliasi dan Fitur Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di TikTok Shop. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 8(3), 144–152. https://doi.org/10.32764/joems.v8i3.1501

Issue

Section

Articles