Pengaruh Ekonomi Digital dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan UMKM Kota Kediri (Studi Pada UMKM Penerima Bantuan Modal Kota Kediri)

Authors

  • Muh. Hamdan Maulana Universitas Kadiri
  • Muhammad Dian Ruhamak Universitas Kadiri
  • Dita Riyanto Putro Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v8i3.1498

Keywords:

Digital Economy, Product Innovation, MSME Revenue

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekonomi digital dan inovasi produk terhadap pendapatan UMKM di Kota Kediri. Transformasi digital yang berkembang pesat mendorong pelaku UMKM untuk beradaptasi dalam mengelola bisnis mereka. Pada era transformasi digital saat ini, penggunaan teknologi menjadi sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama bagi UMKM yang berperan sebagai pilar perekonomian lokal. Di samping itu, inovasi produk juga sangat diperlukan untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan memenuhi permintaan pasar yang berubah-ubah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden pelaku UMKM yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis linier berganda, uji validitas, reliabilitas, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi digital dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Kediri. Hasil ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat pemanfaatan teknologi digital dan semakin inovatif produk yang dihasilkan, maka akan semakin besar pendapatan yang diterima oleh pelaku UMKM

References

Abdillah, F. (2024). Dampak ekonomi digital terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Benefit: Journal of Business, Economics, and Finance, 2(1), 27–35.

Amalia Sari, N. (2019). Pengaruh perkembangan ekonomi digital terhadap pendapatan pelaku usaha UMKM di Kota Makassar.

Andi Aenurohman, E. (2020). Dampak kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja UKM di Kota Semarang. Humaniora, 21(1). http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora

Dwi Purnomo, S., et al. (2021). Pengaruh ekonomi digital terhadap pendapatan industri mikro dan kecil di Indonesia. Ekonomikawan. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v%vi%i.6248

Erawati, T., Prameli, N., & Tamansiswa, S. (2022). E-commerce, inovasi, pricing dan pendapatan UMKM di masa pandemi Covid-19. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(6). https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i6.1144

Farid, M. (2024). Pengaruh perkembangan ekonomi digital dan inovasi produk terhadap pendapatan pelaku UMKM di Kota Banda Aceh.

Grigorescu, A., et al. (2021). Human capital in digital economy: An empirical analysis of Central and Eastern European countries from the European Union. Sustainability (Switzerland), 13(4), 1–21.

Husriadi, M., & Nurjanah, A. (2024). Tantangan dan peluang dalam mengembangkan UMKM di Kota Kendari: Analisis strategis dan implikasinya. Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 36–48.

Kumala, S. L. (2021). Perkembangan ekonomi berbasis digital di Indonesia. Journal of Economics and Regional Science, 1(2), 109–117.

Lager, T., & Simms, C. D. (2023). From customer understanding to design for processability: Reconceptualizing the formal product innovation work process for non-assembled products. Technovation, 125. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2023.102750

Mariam, S., & Yuliani, F. (2022). Faktor–faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM di Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara (Studi kasus binaan Jakpreneur). Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 181.

Mianto, T., et al. (n.d.). Pengaruh ekonomi digital platform digital dan pemasaran digital terhadap tingkat pendapatan UMKM Go Online di Kota Kediri. Ekonomikawan. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v%vi%i.12094

Nursyakilah, S. (2020). Pengaruh perkembangan ekonomi digital terhadap pendapatan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) kuliner di Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Permana, T., et al. (2019). Fenomena uang digital. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(2), 363–373.

Pitri, A. (2023). Pengaruh modal, tingkat pendidikan dan inovasi produk terhadap pendapatan usaha mikro (UMKM) di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi

Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh digital marketing dan inovasi produk terhadap pendapatan. JESYA (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 6(1), 194–208.

Qurrotul ’Aini, N., et al. (2024). Pengaruh ekonomi digital dan pemasaran digital terhadap tingkat pendapatan UMKM di Kota Surabaya. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.

Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UKM.

Rahmadi, A. N., & Ruhamak, M. D. (2018). Pengaruh customer relationship management (CRM) dan word of mouth (WOM) terhadap kinerja usaha pada usaha kecil dan menengah di Kota Kediri. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 105.

Riyanto Putro, D., & Askahfi, E. (2020). Pola pembinaan Bank Indonesia terhadap UMKM di Kota Kediri.

Santi Nurmalasari. (2023). Pengaruh e-commerce, inovasi produk dan modal usaha terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(3), 285–292.

Silaban, B., Suharto, A., & Suhendri. (2022). Peran UMKM pembuatan makanan ringan dan inovasi produk terhadap penambahan pendapatan ekonomi masyarakat di Kota Tangerang.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan).

Suryanti, E., Lesmana, H., & Mubarok, H. (2021). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan UMKM (Studi kasus pada UMKM MITA). PERMANA: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi.

Wedhani, N. A., et al. (2023). Pengaruh inovasi produk, financial knowledge dan media sosial terhadap kinerja UMKM Asosiasi Pengrajin Mutiara Lombok (Pearl NTB).

Wicaksono, D. S., Ruhamak, M. D., & Yap, N. (2023). The effect ease of use and perceived risk on purchasing decisions on marketplace Shopee. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 10(2), 208–214.

Zafira, A. (2021). Pengaruh ekonomi digital, modal dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan usaha (Studi pada usaha mikro di Kota Tangerang)

Zhang, J., et al. (2022). The impact of digital economy on the economic growth and the development strategies in the post-COVID-19 era: Evidence from countries along the “Belt and Road”. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.856142

Published

30-06-2025

How to Cite

Maulana, M. H., Ruhamak, M. D., & Putro, D. R. (2025). Pengaruh Ekonomi Digital dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan UMKM Kota Kediri (Studi Pada UMKM Penerima Bantuan Modal Kota Kediri). JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 8(3), 107–119. https://doi.org/10.32764/joems.v8i3.1498

Issue

Section

Articles