Strategi Inovatif Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran: Studi Kasus di SMPN 3 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/joems.v8i3.1484Keywords:
Guru, Inovasi, Kualitatif, Media Pembelajaran, SMPN 3 JombangAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan inovasi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran di SMPN 3 Jombang. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh dari wawancara mendalam dengan tujuh guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya keragaman inovasi yang memadukan media digital (aplikasi edukatif, video), media tradisional, hingga metode praktik langsung yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan materi. Dampak positifnya terlihat pada peningkatan minat belajar, pemahaman materi, dan keaktifan siswa. Kebaruan penelitian ini adalah temuan bahwa inovasi tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga mengintegrasikan pendekatan pendidikan berbasis budaya lokal yang efektif. Inovasi didukung oleh fasilitas, pelatihan, dan komunitas belajar, namun terhambat oleh kendala waktu dan infrastruktur. Guru mengatasinya melalui strategi adaptif seperti kolaborasi dan penggunaan media sederhana. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman pengembangan inovasi media yang kontekstual dan berkelanjutan untuk menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21.
References
Aisyah, S., Ramadani, A. F., Wulandari, A. E., & Astutik, C. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 3, 388–401. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1565
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis).
Husnullail, M., Risnita, Jailani, M. S., & Asbui. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Riset lmiah. Journal Genta Mulia, 15(0), 1–23.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Leasa, M., Syam, F. A., Sayyadi, M., & Batlolona, J. R. (2020). Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mendesain Video Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 10(1), 80. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10454
Luthfiyani, P. W., & Murhayati, S. (2024). Strategi Memastikan Keabsahan Data Dalam Penelitian Kualitatif. 8, 45315–45328.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mauliddiyah, N. L. (2021). Pendekatan Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 56–70.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Yogyakarta Press.
Nursanjaya. (2021). Understanding Qualitative Research Prosedures: A Practical Guide to Make It Easier for Students. Negotium: Journal of Business Administration science, 04(01)
Prayoga, A., Asari, N. A., Ramadhania, J. A., & ... (2023). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dalam Mengatasi Permasalah Belajar Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan. Pancasila and Civic 2 (3), 15–20. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx
Rohmatillah, R. A. (2023). Problematika Guru dalam Penerapan Media Pembelajaran Inovatif pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(2), 409. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1300
Rohmatulloh, G., Fakhirah Siregar, N., Widodo, A., & Artikel, I. (2022). Inovasi Media Pembelajaran 3 Dimensi Berbasis Teknologi pada Pembelajaran Biologi (Technology-Based 3 Dimensional Learning Media Innovation in Biology Learning). Biodik, 08, 139–146.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113
Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428
Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif. Forum Ilmiah, 19, 77.
Solihin, E. (2021). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan. Pustaka Ellios.
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Trikesumawati, D., Ishamy, M. W., & Rizqullah, M. R. (2025). Peran Media dalam Mendukung Pengembangan Motivasi Belajar Siswa di Era Modern. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 531–539. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3749
Yaumi, M. (2018). Media Teknologi dan Pembelajaran. Prenadamedia Group.