Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Ali Fried Chicken

Authors

  • Firman Al-azizi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Wisnu Mahendri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v7i6.1433

Keywords:

Ali Fried Chicken, Cita Rasa, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cita rasa dan harga terhadap kepuasan konsumen di Ali Fried Chicken. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei terhadap 100 responden yang pernah membeli produk di AFC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cita rasa memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui tekstur ayam yang lembut dan crispy. Selain itu, harga juga memengaruhi kepuasan konsumen, jika harga dianggap oleh konsumen sesuai dengan kualitas produk yang diterima. Kombinasi antara cita rasa dan harga yang kompetitif menjadi faktor yang menciptakan kepuasan konsumen. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi Ali Fried Chicken untuk terus meningkatkan kualitas cita rasa dan menetapkan harga yang sesuai dengan nilai produk, sehingga dapat menjaga kepuasan konsumen.

References

Astuti, F., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2019). Pengaruh Variasi Menu Dan Cita Rasa, Persepsi Harga, Kebersihan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Duta Minang Jl. Brigjen Katamso. Manajemen Dewantara, 3(1), 151–160. https://doi.org/10.26460/md.v3i1.7655
Drummond KE and Brefere LM. (2021). Nutrition for Foodservice and Culinary Profesional’s, Seventh Edition. In New Jersey : Jhon Wiley & Sons, Inc. (10th, berilu ed.). John Wiley & Sons, 2021.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumenposkopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612.
Ferdinand, P. D. A. (2014). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro. (in BP Undi). Univ. Diponegoro Press.
Gagarin, L., Saufi, A., & Sudiarta, H. (2023). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Membeli Rokok Di Tobacco House Lombok. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 2(3), 223–239.
Hanim, N. L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa.
Kotler & Keller. (2016). Kotler & Keller - Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Vol. 22).
Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 411–427. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300
Muzdalifah. (2019). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hisana Fried Chicken Di Kota Makassar [Universitas Muhammadiyah Makassar].
Prasasti, G. A., & Maisara, P. (2022). Pengaruh Fasilitas, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Solo Raya. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 276–288. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.327
Ratnanto, S., & Purnomo, H. (2020). Substansial Kepuasan Konsumen Rumah Makan “ Soto Dok Lamongan ” Nganjuk. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi, 5 (1), 542–550.
Saputra, M. R., & Riyadi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Pengiriman Barang Pada Pt Surya Jaya Cargo Di Sandul. Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 165–174.
Sianturi, G. A. E., Muliani, L., & Rukmini Sari, H. P. (2021). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Ragusa Es Krim Italia. Destinesia : Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 3(1), 35–49. https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1803
Syahfutri, N. I., & Hartini. (2023). Pengaruh Harga dan Cita Rasa terhadap Kepuasan Konsumen Ayam Geprek pada Geprek Junior Cabang Kebayan The Influence of Price and Taste on Customer Satisfaction of Geprek Chicken at Geprek Junior Kebayan Branch. Journal of Nusantara Economic Science (JNES), 1(4), 169–174.

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Al-azizi, F., & Mahendri, W. (2024). Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Ali Fried Chicken. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(6), 226–232. https://doi.org/10.32764/joems.v7i6.1433

Issue

Section

Articles