Abstract

Pendidikan adalah merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia, sedangkan  Guru merupakan faktor terpenting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan. Namun, guru sebagai makhluk sosial dan individual dalam kehidupannya sering mengalami hambatan dalam peningkatan kualitas tersebut. Adapun permasalahan yang timbul adalah bagaimana profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kendala yang dihadapi dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui sarta menganaisis apa saja kendala atau problematika yang muncul dalam  peningkatan keprofesionalan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam,


            Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dan berupa kata-kata tertulis. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan


Sumber data dalam penelitian ini adalah subyek dimana data diperoleh.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara


            Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa yang menjadi problem atau kendala dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah padatnya jam mengajar dan kurangnya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta kesejahteraan guru kurang memadai.