Analisis Problematika dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam
bahasa indonesia
Keywords:
Problematika; Profesionalitas; Guru PAIAbstract
Pendidikan adalah merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia, sedangkan Guru merupakan faktor terpenting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan. Namun, guru sebagai makhluk sosial dan individual dalam kehidupannya sering mengalami hambatan dalam peningkatan kualitas tersebut. Adapun permasalahan yang timbul adalah bagaimana profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kendala yang dihadapi dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui sarta menganaisis apa saja kendala atau problematika yang muncul dalam peningkatan keprofesionalan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam,
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dan berupa kata-kata tertulis. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan
Sumber data dalam penelitian ini adalah subyek dimana data diperoleh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara
Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa yang menjadi problem atau kendala dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah padatnya jam mengajar dan kurangnya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta kesejahteraan guru kurang memadai.
References
Depdiknas, Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad Ke-21, (Jakarta: Tanpa Penerbit, 2002),
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004),
Hamdani Ihsan dan A. Fuad Ihsani, Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia
Rostiyah NK, Masalah Ilmu Keguruan, (Jakarta: Bina Aksara, 1998),
Muhaimin, dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: Wicaksana, 1996),
UURI No. 14 Th. 2005, Undang-Undang tentang Guru dan Dosen, (Bandung: Citra Umbara, 2005), Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), hlm: 130
Zuhairini dan Abd. Ghofir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang: UNM, 2004),
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005),
PP No. 19 Th. 2005, Standar Nasional Pendidikan, (Jakarta: Fokusmedia, 2005)
Syafruddin Nurdin dan Basyiruddin, Guru Profesional dan implementasi Kurikulum, (Jakarta: Ciputat Press, 2003),
Siti Meichati , Pengantar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta
Pantiwati, Upaya Peningkatan Keprofeionalan Guru Melalui Program Sertifikasi Guru Bidang Studi, (Malang: PSSJ PPS Universitas Malang)
Cece Wijaya, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar-Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991)
Moh. Uzer Oesma, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992
Nana Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Dunia, 1989),
Dirawat, Busro Lembari dan Soekarno Indra fachrudi, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1981),
ST. Vembriato, Kapita Selekta Pendidikan, (Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita, 1984)
M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Suprvisi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993)
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK , (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)