Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan

Authors

  • Muhammad Saat Ibnu Wafqin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Yashinta Ramadhani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mita Widiawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Siti Sofia Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Risqi Maulidatul Charisya Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Umi Nur Azizah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v7i6.1315

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan, Evaluasi, Perencanaan Pendidikan, Fungsi Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran strategis kurikulum dalam pendidikan melalui empat aspek utama: (1) pengertian kurikulum sebagai inti dari perencanaan pendidikan, (2) kedudukan kurikulum sebagai landasan dalam pelaksanaan pendidikan, (3) konsep dasar dan fungsi kurikulum dalam mengatur arah dan isi pembelajaran, dan (4) pentingnya evaluasi kurikulum untuk memastikan relevansi, efektivitasdan keberlanjutannya dalam mencapai tujuan pendidikan. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), data diperoleh dari sumber- sumber seperti jurnal dan bahan referensi yang relevan, buku Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menentukan peran kurikulum dalam membentuk sistem pendidikan yang efektif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berfungsi sebagai panduan strategis dalam proses pendidikan, yang mencerminkan tujuan masyarakat dan beradaptasi dengan kebutuhan lokal dan global. Evaluasi kurikulum juga merupakan langkah penting dalam memastikan relevansi dan efektivitas program dalam menghadapi tantangan pendidikan modern.

References

Achmad, G. H. (2021). Kedudukan kurikulum dalam pendidikan agama islam. YASIN : Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 1(2), 246–261. https://ejournal.yasin-alsys.org/yasin/article/view/130/105
Arofah, E. F. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218–229. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.236
Dhomiri, A., Junedi, & Nursikin, M. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972
Halimatuzzahrah. (2024). Kedudukan Kurikulum dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 9, 2104–2108. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2653
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi kurikulum pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 67–75. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/51/49
Ma’arif, M. A. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Mohamad Ahyar Ma’arif. Inzah Online Journal, 3(1), 1–28. https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/297
Mansir, F., & Abas, S. (2024). Kedudukan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 3(2), 64–73. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2024.3(2).64-73
Maulidiyah, R. A. (2024). Pengertian Kurikulum Dari Beberapa Para Ahli. Jurnal Sinerji Keilmuan, 1(1)(1), 10–18. https://sagorvos.com/index.php/SiKe/article/view/22/23
Mulia, J. R., Nasution, B., Asmendri, & Sari, M. (2023). Konsep Dasar dan Peranan Kurikulum dalam Pendidikan. 5(1), 33–38. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66
Nisa, F. I., & Hamami, T. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(3), 1374–1386. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.548.
Nurhasanah, A., Pribasi, R. A., & Nur, M. D. (2021). Analisis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandir, 07(02), 484–493. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.239
Pane, M., & Aly, H. N. (2023). Orientasi dan Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Journal on Education, 05(02), 6165–6171. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1388
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling(JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Ripandi, A. J. (2023). Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Journal Of Information systems and Management (JISMA), 1(2), 123–133. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129
Sitika, A. J., Astuti, A. P., Swari, D. R., & Virani, N. (2024). Kedudukan dan Peranan Kurikulum sebagai Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam ( PAI ). 02(01), 12–20. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.11731
Soleman, N. (2020). Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia Nuraini Soleman. Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, 12(1), 1–14.
Suratno, J., Sari, D. P. S., & Bani, A. (2022). Kurikulum dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 67–75. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/view/4129/2669
Usdarisman, Hendrayadi, Azhari, D. S., & Basit, A. (2024). Pengertian dan Konsep Dasar Kurikulum dalam Berbagai Perspektif. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 7578–7586. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/29784/20228
Winda, W., & Ramedlon. (2022). Konsep dan Kedudukan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Madrasah dalam UU Sisdiknas 2003. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.69775/jpia.v3i1.80
Zahra, F., Ainy, Q., Effane, A., Djuanda, U., Jl, I., Ciawi, K., & Barat, J. (2023). Peran kurikulum Dan Fungsi kurikulum. Jurnal Karimah Tauhid, 2(1), 153–156.

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Wafqin, M. S. I., Ramadhani, Y., Widiawati, M., Sofia, S., Charisya, R. M., & Azizah, U. N. (2024). Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(6), 203–214. https://doi.org/10.32764/joems.v7i6.1315

Issue

Section

Articles