Problematika Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia (Studi Kasus di SD Negeri Keboan Ngusikan Jombang)

Authors

  • Mochammad Nanang Hidayat Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v7i6.1300

Keywords:

Problematika, Kurikulum PAI, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap  bahwa kurikulum PAI memerlukan penyesuain dengan adanya perubahan kurilukum. Perubahan kurikulum menjadi suatu tantangan bagi suatu lembaga pendidikan dalam menerapkannya, karena dalam menghadapi perubahan kurikulum, pendidik perlu banyak persiapan seperti dibekali dengan sosialisasi atau pelatihan khusus terkait kurikulum medeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Problematika Kurikulum PAI Di SD Negeri Keboan Ngusikan Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study) dan bersifat deskriptif  informan penelitian yaitu pendidik mata pelajaran PAI dan. Data dianalisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah problematika kurikulum PAI yaitu terjadi pada pendidik dalam menyesuaiakn kurikulum PAI dengan kurikulum merdeka. Pendidik mengalami kesulitan dalam mengusai bahan ajar/materi PAI yang harus disesuaikan dengan kurikulum merdeka, Pendidik mengalami kesulitan dalam mengusai strategi PAI yang harus disesuaikan dengan kurikulum merdeka.

 

Kata Kunci: Problematika, Kurikulum PAI, Kurikulum Merdeka.

References

Agustinova, D. E., (2015) ‘Memahami Metode Penelitian Kualitatif, Teori & Praktik’, Yogyakarta: Calpulis, 36-37.

Ashari, F. (2023) ‘Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK 2 Bandar Lampung’, 57.

Bahja, W. T. A., Mas, A., Azizah, K., Amin, N., (2023) ‘Kebijakan Merdeka Belajar Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah’ DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 78.

Elisa, E. (2018) "Pengertian, peranan, dan fungsi kurikulum." Jurnal Curere 1(2), 11.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Sitohang, N., Turnip, H., (2022) ‘Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar’, Mahesa Centre Research, 1.(1), 80–81.

Mirdad, J. (2020) ‘Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran )’, 2(1), 15.

Nst, A. M., Murhayati, S., Zaitun, (2024) ‘Konsep Dan Teori Kurikulum Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4.(6), 714–15

Nurrizki, A. (2021) Karakteristik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Perspektif Kebijakan Pe ndidikan. Dalam Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains. 3(1), 127.

Rohman, M. (2015) ‘Problematika Kurikulum Pendidikan Islam’, Jurnal Madaniyah, 5(1), 1.

Saleh, S. (2017) Analisis Data Kualitatif. In Hamzah Upu (Ed.), Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan, Bandung.

Saleh, M. (2020) “Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19,” Prosiding Seminar Hardiknas. 52.

Sulton, M. S. B., Maunah, B. (2022) ‘Problematika Guru Di Sekolah’, NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 62.

Wawancara, (2025) bapak Faruq selaku guru di SD Negeri Keboan.

Widodo, H. (2023) Pengembangan Kurikulum PAI, Yogyakarta: UAD Press, 9-10

Solfianetri, Y., Wiza, Rahmi. (2024) ‘Analisis Problematika Pendidik PAI Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka’, Tazakka: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(2), 86.

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Hidayat, M. N. (2024). Problematika Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia (Studi Kasus di SD Negeri Keboan Ngusikan Jombang). JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(6), 198–202. https://doi.org/10.32764/joems.v7i6.1300

Issue

Section

Articles