Abstract

Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam proses penerapan kurikulum, khususnya kurikulum 2013. Penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sangat menentukan berhasil dan tidaknya tujuan pendidikan tersebut. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Plus As-Syahidin jono Temayang Bojonegoro? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa hasil pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Plus As- Syahidin Jono Temayang bojonegoro?


Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. . Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan ketekunan pengamatan.


Hasil penelitianya adalah penerapan pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Plus As-Syahidin Jono Temayang Bojonegoro, yaitu: 1) perencanaan yang dilakukan guru dengan menyiapkan perangkat pembelajaran yang isinya tetap mengacu pada rambu-rambu dan tujuan kurikulum 2013 yang diwujudkan dengan memperkaya silabus dan RPP. 2) Pembelajaran dengan: (a) pembelajaran dilakukan di kelas (b) tanya jawab yang ditetapkan sudah nampak atau sudah mendapat respon dari siswa (c) diskusi berjalan dengan baik karena terdapat banyak siswa yang sudah berani menyampaikan pendapat (d) sarana yang digunakan yaitu LKS yang dimiliki siswa, papan tulis, alat tulis, buku paket, dan LCD. 3) Penilaian dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes yang meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik.


 


Kata Kunci : Penerapan,Pembelajaran,Kurikulum 2013,Aqidah Akhlak