Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik SMP Ahmad Mutamakkin Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/joems.v7i5.1207Keywords:
Metode Snowball Throwing, Pendidikan Agama Islam, PembelajaranAbstract
Proses pembelajaran Snowball Throwing adalah Pembentukan kelompok yang di wakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru kemudian masing – masing siswa membuat pernyataan yang di bentuk seperti bola ( kertas pertanyaan ) lalu di lempar ke siswa lain yang masing – masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang di peroleh. Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar memahami (know), terampil melaksanakan (doing), dan mengamalkan (being) agama Islam melalui kegiatan pendidikan. Metode Snowball Throwing bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan imajinasi siswa dalam Menyusun pertanyaan, melatih siswa untuk menghargai pendapat temannya, mengembangkan sikap Kerjasama, saling tolong menolong, serta aktif dalam kegiatan belajar mengajar. peneliti mengamati metode snowball throwing penting untuk di terapkan pada proses pembelajaran. maka peneliti judul Implementasi pembelajaran PAI melalui Meetode Snowball Throwing di kelas VIII SMP Ahmad Mutamakkin di Jombang
References
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61. Https://Doi.Org/10.20414/Betajtm.V9i1.1
Inggirina, S. O., Uno, H., & Machmud, T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi, 2(1), 1–9. Https://Ejournal.Lldikti10.Id/Index.Php/Curricula/Article/View/1543/0%0Ahttps://Www.Researchgate.Net/Profile/Sriwidyaningsih/Publication/318722030_Penerapan_Model_Pembelajaran_Kooperatif_Tipe_Snowball_Throwing_Terhadap_Hasil_Belajar_Peserta_Didik/Links/5
Maslihah, S. (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa Smpit Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 103–114. Https://Doi.Org/10.14710/Jpu.10.2.103-114
Mauliandri, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 803–811. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.436
Nasir, Et, A. (2023). Urgensi Aneka Pendekatan Dalam Kajian Islam: Dari Inter-Multidisiplin Ke Transdisiplin Menurut Amin Abdullah. 9, 356–363.
Sembiring, R. H. (2012). Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Menganalisis Nilai-Nilai Religius Novel Munajat Cinta II” Karya Taufiqurrahman Al-Azizy Oleh Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Proyek Univa Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Asas: Jurnal Sastra, 1(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.24114/Ajs.V1i1.231