Amin, F. (2022). Pembentukan karakter religius pada siswa MINU Hidayatun Najah Tuban melalui sholat berjamaah. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 54–61. https://doi.org/10.51675/jp.v3i2.190
Aryanti, W. D. (2017). Peranan sekolah dalam membentuk karakter religius dan disiplin peserta didik di SMAN 2 Batu. Jurnal Civic Hukum, 2(2), 78–88. https://doi.org/10.22219/jch.v2i2.6862
Fatinia, D., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Peranan orang tua dalam menumbuhkan pemahaman pada anak mengenai pentingnya ibadah shalat berjamaah. AS-SABIQUN, 4(3), 656–669. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1951
Jannah, M. (2019). Metode dan strategi pembentukan karakter religius yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77–102. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178
Kusuma, A. M., & Mahardi, P. (2021). Analisis deskriptif terhadap pengembangan media pembelajaran e–modul interaktif berbasis software aplikasi lectora inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(2), 1–11.
Kusuma, D. (2018). Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan sholat berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 34–40.
Lailaturrahmawati, L., Januar, J., & Yusbar, Y. (2023). Implementasi pembiasaan shalat berjama’ah dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.110
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah khususnya SMA/SMK di zaman serba digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606
Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman nilai karakter religius dalam perspektif pendidikan Islam di lingkungan sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 513–526. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3576
Maela, E., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode pembiasaan baik untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 931–937. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820
Munawarah. (2021). Pengaruh gender terhadap faktor psikologis belajar siswa. Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, 14(2), 58–66.
Najili, H., Juhana, H., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Landasan teori pendidikan karakter. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2099–2107. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.675
Panjaitan, F. (2013). Analisis survey kepuasan pengguna terhadap website Bina Darma Career and Training Center (BDCTC). Jurnal Ilmiah Matrik, 15(3), 175–184.
Rahma, S. S., Syamsuddin, & Praptiningsih. (2023). Implementasi pembiasaan salat berjamaah dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), 391–398. https://doi.org/10.47492/jih.v12i1.2762
Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S. J., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535–550. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673
Sapuroh, S. (2022). Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah di SMP Negeri 9 Rejang Lebong. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3), 323–332.
Sari, L. N. I., Andini, A. D., Sari, A., Haris, S. M., & Nursalim, E. (2022). Pembiasaan sholat berjamaah sebagai penguatan karakter religius. An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.62196/nfs.v1i2.30
Wahyudin, A., & Hayumi. (2022). Pendidikan karakter melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah bagi peserta didik Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bojonegara. DESANTA: Indonesian Of Interdisciplinary Journal, 3(1), 268–273. https://jurnal.desantapublisher.com/index.php/desanta/issue/view/13
Widyastuti, S. R. (2022). Pengembangan skala likert untuk mengukur sikap terhadap penerapan penilaian autentik siswa sekolah menengah pertama. Aswaja, 3(2), 57–76. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/393
- Abstract viewed - 336 times
- PDF downloaded - 179 times
Affiliations
Mucharommah Sartika Ami
Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
Feni Anggraini
Fakultas Agama Islam, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
How to Cite
Karakter Religius Siswa setelah Mengikuti Kegiatan Shalat Berjama’ah di Sekolah
Vol 7 No 2 (2024): April
Submitted: Jun 1, 2024
Published: Jun 30, 2024
Abstract
This research aims to describe the religious character that students have after participating in congregational prayer activities at school. This research was conducted at SMP Darul Ulum Kepuhdoko involving 30 randomly selected students in grades VII, VIII, and IX. The method used is a qualitative survey using a closed questionnaire instrument with four options: always, often, rarely, and never. The collected data was analyzed descriptively. The research results showed that students’ religious character was in the high category (83%). The majority of male and female students have high religious character, only a small number have moderate religious character, and none have low religious character. This shows that congregational prayer activities have a positive influence on improving the religious character of students at SMP Darul Ulum Kepuhdoko.