Adi, Habib Maulana Maslahul, and Nur Romdlon Maslahul Adi. "Pembelajaran Naḥwu-Ṣarf di Pesantren dengan Pendekatan Interpretatif: Implikasi Teori Interpretasi Jorge JE Gracia dalam Pembelajaran Kitab Alfiyyah Ibn Mālik." Alibbaa': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3.1 (2022)
Aprilia, Tika. "Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Santri." Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14.1 (2021).
Ayudia, Gresiya, and Mariani Mariani. "Penerapan Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Santri SMP S Methodist Rantauprapat." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 13.2 (2022).
Choi, Eunsun, Youngmi Choi, and Namje Park. "Development of Blockchain Learning Game-Themed Education Program Targeting Elementary Students Based on ASSURE Model." Sustainability 14.7 (2022)
Dewi, Febriana Kurnia, and Irma Soraya. "Pengaruh Penerapan Aplikasi SIDIA terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal pada Masa Pandemi Covid-19 di TPQ Se-Kecamatan Gubeng Kota Surabaya." Jurnal Kependidikan Islam 11.2 (2021)
Diba, Icha Fara, and Evi Fatimatur Rusdiyah. "Implementasi Pembelajaran Daring Terintegrasi Digital Melalui Model Assure pada Materi Tajwid." Jurnal Basicedu 6.1 (2022)
Fahriansyah, Faisal. "Pengembangan Desain Model Pembelajaran Assure Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SMP Islamiyah Sawangan." Perspektif 1.1 (2021).
Fatin, Idhoofiyatul, and Insani Wahyu Mubarok. "Pendampingan Literasi Menulis Cerpen Santri Di Masa Pandemi Covid 19." Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3.1 (2022): 71-81.
Fiqih, Muh Ainul. "Peran Pesantren dalam Menjaga Tradisi-Budaya dan Moral Bangsa." PANDAWA 4.1 (2022)
Greg Barton, Biografi Gus Dur (Yogyakarta; LkiS, 2004).
Hadi, Mahfudz Syamsul, and Abdul Muhid. "Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kitab Balaghah Di Pesantren: Literature Review." Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 8.1 (2022).
Irsyad, M. Ali. "Metode Musyawarah dalam Pembelajaran Ilmu Fikih di Ma’had Aly Lirboyo Kediri." Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 2.3 (2021).
Muhid, Abdul. "Heutagogi: memerdekakan mahasantri belajar di era revolusi digital." (2021).
Naimah, Siti, Nurul Hidayah, and Lailatul Mathoriyah. "Analisis Kemampuan Membaca Kitab Gundul Menggunakan Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Sunan Ampel Denanyar Jombang." Al-Lahjah 5.1 (2022).
Niswatin, Khoirun, et al. "Desain Pembelajaran Model Assure Pada Materi Al-Quran Hadits Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik." JURNAL PENELITIAN 15.2 (2022).
Pambudi, Sigit, and Istiana Hermawati. "An evaluation of Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) program of Indonesian Language subject in vocational school." Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 25.2 (2021).
Putri, Hasri Tania, Muh Said, and Wahyuningsih Wahyuningsih. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Santri Kelas VIII SMP Negeri 2 Tambang Kab. Kampar Riau." Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 4.2 (2022).
Rikza, Ghulam Akhyar, et al. "Pelatihan Memahami Fiqih Praktis Melalui Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Di Pondok Pesantren Alif Lam Mim." Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3.1 (2022).
Rozi, Fathor. "Variations in Learning Methods; Upaya Dalam Mencetak Pakar Fiqh Melalui Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning Di Ma’had Aly." Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 9.1 (2021).
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2007).
Saputra, Andri, et al. "Penggunaan Model ASSURE Dalam Pengembangan Video Animasi Pengajaran Bahasa Inggris 2D Berbasis Studi Islam untuk Santri Raudhatul Athfal." Jurnal Ilmiah Potensia 7.1 (2022).
Sari, Levi Tina, et al. "Penerapan Perilaku Hidup Berih Dan Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19 Di Pondok Pesantren Putri Nasyrul Ulum Modangan Blitar." Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH) 2.02 (2022).
Soleh, Badrus, and Iswatul Hasanah. "Manajemen Pendidikan Pesantren Al-Ulum Wal-Althof Dalam Menguatkan Sikap Moderasi Beragama Santri." Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 4.1 (2021).
Susilowati, Ayu Rizki, Ag Bambang Setyadi, and Een Yayah Haenilah. "Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Santri Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 6.2 (2022).
Suttrisno, Suttrisno, Nurul Mahruzah Yulia, and Dewi Niswatul Fithriyah. "Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar." ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal 3.1 (2022).
Tim Pekapontren, Potensi Ekonomi Pondok Pesantren di Indonesia (Jakarta: Direktorat Pekapontren Depag, 2004), 2. Lihat pula Samsul Nizar dalam, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2007).
Ula, Muhammad Bahrul. "Adaptasi Belajar Baca Kitab Kuning Model Sidogiri di Ponpes As-Sunniyyah Al-Jauhari Jember." Al-Fusha: Arabic Language Education Journal 4.1 (2022).
Ula, Muhammad Bahrul. "Adaptasi Belajar Baca Kitab Kuning Model Sidogiri di Ponpes As-Sunniyyah Al-Jauhari Jember." Al-Fusha: Arabic Language Education Journal 4.1 (2022).
Ulum, Mokhamad Miptakhul. "Model Pembelajaran Bahtsul Masail untuk Membangun Moderasi Beragama." Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9: 213-222.
Zuhairini, “Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” (Malang: UIN Press, 2004), 1.
Muhid, Abdul, "Urgensi Motivasi Belajar Terhadap Keberhasilan Menuntut Ilmu Perspektif Kitab Ta ’ Lim Muta ’ Allim"vol.07.no22,no.1 (2021), 16.