Afif, M. (2019). Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan baca kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyiin. KABILAH: Journal of Social Community, 4(2), 3443. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592
Albab, U., Albab, M. U., Novitasari, Shodiq, J., & Salsabilah, A. T. (2022). Implementasi metode pembelajaran sorogan dan bandongan dalam pengajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD NU Banat Banin Lamongan. Akademika, 16(2), 1930.
Amien, M. M. (2023). Strategi pembelajaran berbasis karakter religius di pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan. Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 106115.
Astuti, M., Herlina, Ibrahim, Prasilia, H., Sintia, D., & Wulandari, T. (2023). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(1), 141151. https://doi.org/Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora Vol.1, No. 1 Februari 2023 e-ISSN: 2986-5506; p-ISSN: 2986-3864, 141-110.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i1.541
Damayanti, N. L. R., & Irwansyah, M. R. (2024). Peranan kompetensi dalam meningkatkan kinerja guru pada proses belajar siswa di SMK N 1 Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 194201. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v11i2.60093
Faisol, A., & Annuha, H. (2023). Korelasi kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar pelajaran Al-Quran Hadits kelas viii di SMP Unggulan Al-Hikmah Kesilir Wuluhan Jember. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 114. https://doi.org/10.56013/fj.v1i2.1225
Farid, A., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Pengaruh pembelajaran kitab kuning taisirul khalaq terhadap adab santri. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 813. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i1.210
Fathurrohman, K. A.-F., Ijudin, & Munawaroh, N. (2024). Implementasi metode Al-Miftah berbasis flipped classroom dalam pembelajaran kitab kuning. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 8(2), 362373. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.995
Harahap, M. R. (2023). Tradisi kitab kuning pada madrasah di Indonesia. Al-Kaffah:, 11(1), 105130. http://jurnalalkaffah.or.id/index.php/alkaffah/article/view/62
Hariati, N. A., & Armida, S. (2023). Pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar dengan kesiapan belajar sebagai variabel mediasi. Jurnal Salingka Nagari, 2(2), 521531. https://jsn.ppj.unp.ac.id/index.php/jsn/article/view/165%0Ahttps://jsn.ppj.unp.ac.id/index.php/jsn/article/download/165/98
Huda, M., Fatichin, K., Anam, C., & Khotimah, K. (2023). Implementasi pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan kemampuan membaca arab pegon di MI Miftahul Ulum Karangpilang Surabaya. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(2), 117. https://doi.org/10.52166/darelilmi.v10i2.4899
Ibda, H., Azmi, M. K., Faizah, & Muanayah, N. A. (2023). Problematika pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia, 6(1), 115.
Izmi, N. (2023). Tradisi pembelajaran kitab kuning dalam kurikulum pesantren. Jurnal El-Rusyd, 7(2), 111. https://doi.org/10.58485/elrusyd.v7i2.132
Kaimudin, & Suryani, P. F. (2022). Pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap akhlak santri putri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Madinah Jonggol Bogor. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 101111. https://doi.org/10.56146/edusifa.v6i2.6101
Kamal, F. (2020). Model pembelajaran sorogan dan bandongan dalam tradisi pondok pesantren. Jurnal Paramurobi, 3(2), 1526. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572
Marlina, Suhartono, Hasan, S., & Ikhsanudin, M. (2021). Pengaruh pembelajaran kitab Talim Mutaalim terhadap pembentukan sikap tawadhu siswa MA Nurul Huda. Al I‟tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 66–74. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1101
Maulana, I., Santoso, K., & Nasrulloh, M. E. (2023). Upaya guru dalam meningkatkan kualitas siswa melalui program baca kitab kuning di Madrasah Aliyah Integratif Nahdlatul Ulama Al-Hikmah Tumpang Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 8(3), 400408.
Mokodenseho, S., Hanipudin, S., & Liawati, S. (2024). Pendidikan Islam di Pondok Pesantren. Sulur Pustaka.
Muminin, M. U., Mukhlis, & Jamaluddin. (2024). Penyelenggaraan kajian kitab kuning atau Dirasah Islamiyah analisis terhadap Pasal 13 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 12081214. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.1898
Mukhlason, A., Riksakomara, E., Mahananto, F., Djunaidy, A., Vinarti, R., Anggraeni, W., Nurita, R., Utamima, A., Basara, N., Nuriman, M., Jayanty, A., Khofifah, N., Laila, N., Mahatta, H. M., Ananda, M., Wibowo, T., Hisyam, M., & Kamil, M. (2023). Pembuatan media pembelajaran digital interaktif untuk materi pembelajaran Bahasa Arab (nahwu dan shorof) untuk santri milenial. Sewagati, 7(3), 383392. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i3.505
Nasution, N. C. (2024). Penerapan metode menghafal dan bandongan dalam pembelajaran kitab nahwu di Pondok Pesantren Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi. Dirasatul Ibtidaiyah, 4(1), 118.
Pemerintah Kabupaten Jombang. (2019). Peraturan Bupati Jombang Nomor 41 Tahun 2019 tentang Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan dan Pendidikan Diniyah pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Jombang.
Ritonga, T. (2022). Pentingnya pendidikan karakter bagi generasi muda. ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 1(1), 16.
Sholahudin, M. A. (2022). Integrasi pendidikan karakter dalam lembaran kitab kuning ke dalam kehidupan santri sebagai ciri khas pendidikan Islam Nusantara (studi kasus di PP Al-Mustaqim Bugel Kedung Jepara). Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 4459. https://doi.org/10.33363/swjsa.v5i1.820
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Syaiful, M., Hermina, D., & Huda, N. (2022). Tradisi pembelajaran kitab kuning pada pondok pesantren di era digital (kajian dinamika perkembangan akademik pesantren di Indonesia). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 9(1), 33–44. https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1335
Syaifullah. (2017). Pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab kuning (Risalatul Muawwanah) di SMA Ma’arif Sukorejo. MAFHUM: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 321–340. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/mafhum/article/view/948
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (2005).
- Abstract viewed - 392 times
- PDF downloaded - 289 times
Affiliations
Siti Ma'fulah
Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Mucharommah Sartika Ami
Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
How to Cite
Studi Kasus Pembelajaran Kitab Kuning di MTs Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang
Vol 7 No 1 (2024): Februari
Submitted: May 22, 2024
Published: Jun 29, 2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di MTs Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang, faktor pendukung maupun penghambatnya, dan dampak pelaksanaan tersebut. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning di MTs Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang dilaksanakan sesuai kurikulum pesantren sebanyak satu kali tatap muka selama 35 menit setiap minggunya. Faktor pendukung pembelajaran adalah adanya koordinasi yang baik antara pihak yayasan dengan madrasah, guru yang kompeten, jenis kitab yang sesuai dengan perkembangan siswa, dan dukungan wali murid. Faktor penghambat yang dijumpai adalah banyak siswa tidak berasal dari pondok pesantren sehingga memerlukan penyesuaian diri dalam mempelajari kitab kuning, serta metode pengajaran yang digunakan guru cenderung konvensional. Dampak pembelajaran kitab kuning yang diketahui adalah terbentuknya siswa yang berakhlak mulia dalam hal pembelajaran, beragama, dan berkehidupan sosial.