Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Biro Travel Umroh dan Haji di Kabupaten Jombang

Authors

  • Bekti Widyaningsih Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Arivatu Ni'mati Rahmatika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ika Ainun Nur Fitria Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v7i1.1119

Keywords:

Etika Bisnis Islam, Biro Travel, Umroh dan Haji

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi suatu etika bisnis islam dalam pelayanan biro travel umroh dan haji yang berada di Kabupaten Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biro travel ini sudah menerapkan etika berbisnis islam dalam pelayanan biro travel umroh dan haji, memaparkan nilai-nilai etika bisnis islam dalam pelayanan pada travel umroh dan haji, menjelaskan minat jamaah terhadap travel umroh dan haji, faktor pendukng dan faktor penghambat dalam pelayanan biro travel umroh dan haji. Analisis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui keadaan, kondisi yang hasilnya disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Metode yang diterapkan adalah prinsip- prinsip etika bisnis islam yang berupa Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathanah. Penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa biro travel umroh dan haji yang berada di Kabupaten Jombang sudah menerapkan etika bisnis islam dan memenuhi syariat islam. Nilai-nilai yang sudah diterapkan ini sesuai dengan Rasulullah terapkan, yakni bersifat jujur, keadilan, bertanggungjawab, tidak menjelekkan bisnis orang lain. Minat jamaah untuk daftar di biro travel yang berada di Kabupaten Jombang ini cukup tinggi karena beberapa faktor internal dan faktor eksternal.

References

Ghafur, Abd. (2018). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam Abd. ghafur 1. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2, 1–21.
Candra, A. W., & Oktafia, R. (2021). Penerapan Manajemen Pelayanan Prima Untuk Peningkatan Kepuasan Calon Jamaah Haji Dan Umrah di PT Mabruro Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(01), 10–16.
Dwiatma, B. K. (2019). Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Ibadah Haji Dan Umroh PT Helutrans Al Haadi Ziarah Tour Di Kalimalang Jatiwaringin Jakarta Timur. Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, 1(1), 1–99.
Gumilar, A. (2017). Etika Bisnis Dalam Nilai-Nilai Islam. ADBIS: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis, 1(2), 121–134.
Hamid, N. (2020). Buku Manajemen Haji dan Umroh refensi 2.
Jayanti, S. H. (2021). Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Pada Jemaah Umrah (Pt Garislurus Lintas Semesta Travel Umrah Dan Haji Plus) Nizaruddin Hotman. Juni, 1(1), 73.
Syariah, J. E. (2023). Jurnal Al-Muqtashid : Jurnal Al-Muqtashid : Jurnal Ekonomi Syariah . 3(2), 32–47.
Wijaya, P. (2014). Studi Evaluasi Penerapan Etika Bisnis Pada Biro Perjalanan Haji Dan Umrah (Studi Kasus Pt. Arminareka Perdana. In World Health Organization, World Bank Group, OECD
Yelvita, F. S. (2022). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Pada Qifaya Alkarim Tour And Travel di Sukarame Bandar Lampung. In Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

25-06-2024

How to Cite

Widyaningsih, B., Rahmatika, A. N., & Fitria, I. A. N. (2024). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Biro Travel Umroh dan Haji di Kabupaten Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(1), 1–5. https://doi.org/10.32764/joems.v7i1.1119

Issue

Section

Articles