Abstract

Menyiram tanaman adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan didalam kehidupan sehari-hari, dan terkadang dengan kesibukanpekerjaan kita sehari-hari, kita tidak sempat menyiram tanaman tersebut,sehingga tanaman akan layu atau bahkan mati. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya sistem kontrol otomatis, dengan cara membuat sistem penyiraman secara otomatis.


Saat sistem dijalankan, sensor kelembaban tanah akan mendeteksi kondisi tanah, Jika kondisi tanah kering kelembaban < 20 %  maka motor servo akan bergerak On (menarik tuas kran menjadi open). Dan data berupa angka dari arduino akan di salurkan ke ModulGprs , dan modul Gprs akan mengirimkan SMS berupa teks dan angka ke user/pengguna. Jika kondisi tanah tidak kering dan kelembaban  > 50%  atau lembab maka  motor servo berputar terbalik(menarik tuas kran menjadi closed) sehingga kran air akan menutup atau mati.


Dengan terciptanya alat ini  kita sudah  tidak  lagi repot untuk menyiram tanaman secara manual lagi, karena alat ini akan beroprasi secara otomatis,dan juga bias menghemat waktu dan biaya