Aspek Moral dalam Sains untuk Menjaga Keseimbangan Alam
Abstract
Sains atau ilmu pengetahuan harus dipelajari melalui pendidikan agar dapat mewujudkan sumberdaya manusia yang berakhlak mulia serta memiliki pengetahuan dan kemampuan mengelola sumberdaya yang ada di lingkungan demi kemakmuran manusia. Mengelola sumberdaya lingkungan membutuhkan etika dan moral agar tercipta lingkungan yang seimbang. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan filosofi untuk menalar secara sistematis dan menyusun data dari sudut pandang tertentu serta melalui pendekatan filosofi metode analisisa yang digunakan yaitu metode normatif kualitatif, dengan mempertimbangkan jenis data yang dianalisa menggunakan metode deskriptif analitis dan metode deduktif. Hasilnya manusia harus memiliki ilmu atau sains dalam mengelola sumberdaya alam agar tidak terjadi banyak bencana alam. Upaya meminimalisir bencana alam yaitu dengan tambahan pendidikan etika dan moral sebagai kunci agar manusia tidak berbuat asal-asalan atau egois terhadap lingkungan. Dengan begitu lingkungan akan tercipta keseimbangan agar nantinya dapat tetap berkelanjutan sampai generasi berikutnya.