PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.32764/epic.v2i2.317Keywords:
pengaruh, model pembelajaran generatif, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi lingkaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI A MA Bahrul Ulum tambak beras Jombang sebagai kelas kontrol dan kelas XI B MA Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t (Separeted Varians). Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran generatif pada materi lingkaran mendapatkan hasil yang lebih baik daripada tanpa menggunakan model pembelajaran generatif, hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan uji t. Pada perhitungan uji t disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh pembelajaran generatif terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran peserta didik di MA Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi lingkaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI A MA Bahrul Ulum tambak beras Jombang sebagai kelas kontrol dan kelas XI B MA Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t (Separeted Varians). Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran generatif pada materi lingkaran mendapatkan hasil yang lebih baik daripada tanpa menggunakan model pembelajaran generatif, hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan uji t. Pada perhitungan uji t disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh pembelajaran generatif terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran peserta didik di MA Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang.
References
Dimitter M Dimitrov and Philip D. Rumrill. 2010. Pretest-posttest design and measurement of change. diakses taanggal 12 september 2020.
Fitriyah, Alvi Ni’matul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Siswa Kelas Viii A Mts Al-Islam Joresan Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Leony Wiyanda, Carina Astrie. 2014. Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Ipa-Fisika di SMP. Universitas jember.
Nafikah, Lisna. 2011. Pengaruh model pembelajaran generative terhadap hasil belajar fisika pada konsep kalor. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Serbunit, Siraj & Kurniasari, Ika. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP. Universitas Negeri Surabaya.
Sukma, Yetty. 2011. Penerapan Model Pembelajara Generatif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Sholat Siswa Sekolah Dasar Negeri 003 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Suryawati, Dita. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Memperhatikan IQ Siswa Di Mtsn Sumberlawang Sragen. Universitas Islam Negeri Jogjakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
.