KALKULATOR UNTUK PENYANDANG TUNANETRA BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Munawarah Munawarah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khamim Abror Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/epic.v2i1.291

Keywords:

Braille, Kalkulator, Arduino Uno, MP3 DFD Player

Abstract

Pada perkembangan teknologi saat ini, dalam dunia kerja dan pendidikan diperlukan kebutuhan mobilitas diantaranya menghitung. Matematika merupakan sistematis numerik yang digunakan untuk dasar perhitungan. Konsep dasar matematika dipenuhi dengan aspek yang disajikan secara visual. Kalkulator digunakan sebagai media komputasi untuk membantu melakukan perhitungan. Kalkulator saat ini memiliki desain tombol braille untuk input dan suara untuk output. Namun, hal ini menjadi masalah bagi tunanetra. Sehingga terdapat kalkulator 4x4 dengan dasar braille dan suara untuk output. Pada penelitian ini dibuat penyederhanaan kalkulator braille yang telah ada. Desain alat menggunakan 6 buah titik sistem huruf braille dengan kombinasi tombol 4x4 dan penyempurnaan fitur backspace. Angka yang dapat di inputkan oleh pengguna dimulai dari 0-9. Proses pembuatan alat dilakukan beberapa tahap diantaranyaanalisa, perancangan dan penerapan. Implementasi sistem dikemas dalam box yang berukuran 7,5cm x 7,3cm x 5cm. Jarak pada masing-masing tombol yang digunakan yaitu 0,6cm. Penggunaan jarak masing-masing tombol untuk mengurangi kesalahan input pengguna. Berdasarkan hasil pengujian kalkulator tunanetra ini dapat disimpulkan bahwa dari segi usabilitas yang melibatkan 2 responden penyandang tunanetra menunjukan 100% tingkat keberhasilan. Pengujian kuisioner mendapatkan rata-rata skala nilai 5 dari (skala likert 1-5), sehingga kalkulator ini dinilai telah memenuhi kategori learnability, flexibility dan robustness

References

Alfabeta.Sunanto, Juang. 2005.”Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatan.Jakarta:DepertemenPendidikanNasional Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dirjjen Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi”.
Ambar Dian Trisnowati. 2011.”Peningkatan KemampuanBerhitung para Tunanetra MelaluiMetode Jaritmatika Di SLB A YaketunisYogyakarta. Yogyakarta”
Firdaus, Mohammad Azhar, 2007”Rancang Bangun Alat Hitung Sederhana Untuk Tuna Netra, Tugas Akhir POLINEMA”.
Hariono, T., & Ami, M. (2018). Sistem Absensi Berbasis Fingerprint Dan Pelaporan Realtime Melalui Sms Gateway. SAINTEKBU, 10(1), 55-63. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/saintekbu.v10i1.162
M.A.Raja, A.Arunya, DiptiYadav, G.Kanitha, R.Maheshwari, “Portable Refreshable E-Braille”,International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA) ISSN: 2248-9622
M.A.Raja, A.Arunya, DiptiYadav, G.Kanitha, R.Maheshwari, “Portable Refreshable E-Braille”,International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA) ISSN: 2248-9622
Miarta, Grenpasgo Mega,2009”Rancang Bangun Kalkulator Untuk Tuna Netra Yang Dilengkapi Dengan Input Dan Output Suara, Tugas Akhir PENS ITS”.
Muhammad. (2012). Kalkulator Suara Dwi Bahasa dengan Keypad Braille Berbasis Mikrokontroler ATmega128 sebagai Alat Bantu Menghitung bagi Tunanetra. Laporan Proyek Akhir.
Muhammad. (2012). Kalkulator Suara Dwi Bahasa dengan Keypad Braille Berbasis Mikrokontroler ATmega128 sebagai Alat Bantu Menghitung bagi Tunanetra. Laporan Proyek Akhir
Purwaka Hadi.2005.”Kemandirian Tunanetra (Orientasi Akademik dan Orientasi Sosial). Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dirjen Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruanan Tinggi”.
Rudiyati,sari,2020.”pendidikan anak tunanetra yogyakarta:fakultas ilmu pendidikan universitas negeri yogyakarta.sukardi”.

Downloads

Published

2020-02-21

How to Cite

Munawarah, M., & Abror, K. (2020). KALKULATOR UNTUK PENYANDANG TUNANETRA BERBASIS ARDUINO. Exact Papers in Compilation (EPiC), 2(1), 217–222. https://doi.org/10.32764/epic.v2i1.291