APLIKASI e-CRM TERINTEGRASI DI BAHAGIA MART KPRI BAHAGIA JOMBANG

Authors

  • Moh. Anshori Aris Widya Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Siti Sufaidah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • May Uswatun Hasanah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/epic.v2i1.283

Keywords:

Bahagia Mart, e-CRM, Integrasi, Android

Abstract

KPRI (Koperasi Pegawai Republik Indonesia) BAHAGIA merupakan sebuah badan usaha yang mempunyai banyak bidang bisnis antara lain bidang transportasi, layanan haji, simpan pinjam dan mini market. KPRI bahagia mempunyai sebuah minimarket yang bernama Bahagia mart. Salah satu bagian terpenting dari bahagia mart ini adalah proses penjualan dan mempertahankan pelanggan. Proses penjualan yang ada di bahagia mart ini  mendatangi langsung ke toko. Hal ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya sering kali konsumen komplain barang yang diinginkan tidak tersedia dan juga tidak adanya transparansi stok barang. Keberadaan konsumen serta pelanggan adalah bagian penting bagi perusahaan dalam menunjang kesuksesan perusahaan itu sendiri. Dalam dunia bisnis, konsep mengelola pelanggan dikenal dengan nama CRM (Customer Relationship Management).  Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini, proses CRM tersebut kini dapat dikonversikan ke dalam bentuk e-CRM (Electronic-Customer Relationship Management). Membangun suatu prototipe sistem e-CRM dalam bentuk website dan android sebagai alternatif sistem baru merupakan tujuan dari penelitian ini. Hal tersebut didasarkan oleh beberapa kendala yang dialami bahagia mart pada sistem CRM yang sedang berjalan, utamanya pada sektor pelayanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti akan membuat sistem berbasis e-CRM yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan

References

Bintang Almira, Andrian Kusumawati, Rizki Yudhi Dewantara, 2016. ”Peran e-crm dalam meningkatkan kualitas pelayanan (Studi pada Harris Hotel & Convention Malang)”, Jurnal Administrasi Bisnis, vol.40 no.01
Ghaniyu Zulfata, Niken Hendra Kusuma Hendra Brata, 2018. “Pengembangan Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM”, Jurnal Pengembangan Teknologi dan Ilmu Komputer vol.02 No.04.
Sifauttijani Faris, Tri Listyorini, Rizkysari meimaharani, 2017” Pencarian rumah makan berbasis android”, jurnal simetris Vol.08, 2252-4983
Suendri, 2018, ”Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen dengan Database Oracle”. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol.03 No.01
Suharyanto Cosmas Eko, Joni eka candra, Fergyanto Gunawan, 2017, ”Perancangan Sistem Informasi Penggajian Terintegrasi Berbasis Web (Studi Kasus di Rumah Sakit St. Elisabeth “, jurnal teknologi dan informasi Vol.03 no.02, 225-332
Wuryanto Anus, 2018, ”Integrasi sistem informasi dan teknologi informasi melalui metode Enterprise Architecture planning”, jurnal ilmu pengetahuan dan computer Vol.03 no.02, 2527-4864

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Widya, M. A. A., Sufaidah, S., & Hasanah, M. U. (2020). APLIKASI e-CRM TERINTEGRASI DI BAHAGIA MART KPRI BAHAGIA JOMBANG. Exact Papers in Compilation (EPiC), 2(1), 205–210. https://doi.org/10.32764/epic.v2i1.283