Abstract

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet, telah mempengaruhi akses dan transfer informasi secara signifikan termasuk dalam sistem pembayaran. Internet Service Provider (ISP) Murni Jaya, yang merupakan bagian dari BUMDES di Desa Sumbermulyo, Jombang, Jawa Timur, masih menggunakan metode pembayaran konvensional. Untuk meningkatkan efektivitas, dikembangkan Sistem Pembayaran Online berbasis Payment Gateway Midtrans. Penelitian ini bertujuan mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan dan meningkatkan kenyamanan serta efektivitas proses pembayaran. Pendekatan yang digunakan adalah metode waterfall, meliputi spesifikasi, pengembangan, validasi, solusi, dan representasi, melalui tahapan perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian, dan spesifikasi persyaratan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi sistem pembayaran dengan Payment Gateway Midtrans melalui metode Snap yang mendukung lebih dari 25 metode pembayaran, memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan. Sistem ini menyederhanakan proses pembayaran dan meningkatkan kenyamanan serta kepuasan pelanggan dalam bertransaksi online.